Produser Film Bawa Napoli Bangkit, dari Bangkrut Hingga di Ambang Juara Serie A

Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis
Sumber :
  • Mirror

VIVA Bola – Napoli sedang jadi buah bibir pecinta sepakbola tak cuma di Italia, tapi dunia. Karena mereka tinggal selangkah lagi menjadi juara Serie A. Penantian 33 tahun menjadi jawara kompetisi kasta tertinggi sepakbola Negeri Pizza kemungkinan mereka dapat pada pekan ke-33 saat melawan Udinese, Jumat dini hari WIB 5 Mei 2023.

Pembelaan Pelatih AC Milan Usai Inter Milan Pesta Juara di San Siro

Sejatinya pada pekan ke-32, Napoli sudah bisa memastikan gelar juara Serie A 2022/2023. Sayangnya, ketika para suporter sudah mempersiapkan pesta di Stadio Diego Armando Maradona, Minggu malam WIB 30 April 2023, skuad asuhan Luciano Spalletti cuma main imbang 1-1 melawan Salernitana.

Tak bisa dipungkiri, Napoli sepanjang musim ini di Serie A bermain bagus. Sulit bagi para pesaing untuk bisa mengejar ketertinggalan poin di klasemen. Victor Osimhen dan kawan-kawan tampil solid.

Simone Inzaghi Menolak Dianggap Paling Berjasa bagi Inter Milan

Suporter Napoli

Photo :
  • Alessandro Garofalo/LaPresse via AP

Pemain dan pelatih Napoli banyak mendapat pujian dari orang-orang. Akan tetapi, sedikit yang memberikan apresiasi kepada Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis. Sosok yang sejak 2004 mengambil alih klub di tengah kebangkrutan.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Presiden AC Milan, Paolo Scaroni yang menganggap Aurelio De Laurentiis sebagai sosok kunci dalam keberhasilan Napoli sekarang ini. Secara perlahan dia mampu membentuk tim yang kemampuannya mumpuni.

Laurentiis menurut Scaroni memiliki strategi yang jitu dalam membangun tim dengan pemain dan pelatih hebat tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Hasil yang didapatkan pun maksimal.

Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis

Photo :
  • http://ngiknguks.blogspot.com

"Dia memiliki hasil fenomenal dari dua sudut pandang. Olahraga, kami melihatnya, tapi juga ekonomi. Dia mengkampanyekan perekrutan musim panas lalu, di mana dia menguangkan, dan tidak membelanjakannya," kata Scaroni, dikutip dari Football Italia.

"Dia membuat beberapa pemain hebat, dia memiliki pelatih yang bagus. Saya mengucapkan selamat kepada Aurelio De Laurentiis, dia adalah orang yang mengatur seluruh operasi ini, mulai dari ketika membeli Napoli bertahun-tahun yang lalu, pada saat terdegradasi karena kebangkrutan," tutur Scaroni.

Datang Ketika Degradasi ke Kasta Ketiga

Laurentiis mengambil alih kepemilikan Napoli pada 2004, setelah tim dinyatakan bangkrut dan terdegradasi ke kompetisi kasta ketiga. Dia datang dengan ambisi membawa kembali kejayaan Napoli sembari memastikan stabilitas keuangan.

Ketika itu Laurentiis sudah dikenal sebagai produser film dari rumah produksi bernama Filmauro. Keluarganya memang sudah memulai bisnis dalam dunia perfilman sejak lama.

Dalam tiga tahun, Laurentiis berhasil membawa Napoli kembali promosi ke Serie A. Pada musim pertama setelah promosi, Napoli mengakhiri perjalanan dengan finis pada urutan kedelapan.

Seiring proses berjalan, Napoli akhirnya bisa kembali bersaing di papan atas Serie A. Pada musim 2010/2011, tim berjuluk Partenopei berhasil finis pada peringkat ketiga, dan bermain di Liga Champions.

Musim berikutnya, perjalanan mereka di Liga Champions sampai ke babak 16 besar, setelah kalah dari Chelsea. Meski begitu, pada musim 2011/2012 inilah, gelar juara Coppa Italia berhasil mereka raih.

Sampai sekarang, total sudah tiga gelar juara Coppa Italia didapatkan Napoli, dan satu tambahan dari Supercoppa Italia. Gelar juara Serie A musim ini tentu akan menambah lengkap raihan Laurentiis selama menjadi presiden klub.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya