Raih 31 Trofi, Ini 5 Fakta Menarik Zlatan Ibrahimovic Putuskan Pensiun di AC Milan

Zlatan Ibrahimovic
Sumber :
  • Twitter: AC Milan

VIVA Bola - Resmi Zlatan Ibrahimovic memutuskan pensiun dari sepakbola. Hal tersebut ia ungkapkan ketika AC Milan meraih kemenangan atas Hellas Verona dengan skor 3-1 di San Siro pada Senin dini hari tadi, 5 Juni 2023.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Pada 2010, Zlatan Ibrahimovic sudah bermain untuk AC Milan ketika masih menjadi pemain pinjaman dari Barcelona. Pada 2020, pemain 41 tahun tersebut kembali lagi San Siro hingga akhirnya untuk memutuskan untuk pensiun.

Berikut beberapa fakta menarik Zlatan Ibrahimovic, dilansir berbagai sumber:

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

1. Profil Zlatan Ibrahimovic

Striker AC Milan Zlatan Ibrahimovic umumkan pensiun

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Zlatan Ibrahimovic lahir pada 3 Oktober 1981. Ia merupakan pemain Timnas Swedia dan kini memutuskan untuk pensiun di AC Milan. Ia mulai meniti karir di Malmo FF klub lokal di Swedia pada tahun 1999.

Kemudian Ia melanjutkan karirnya di Eredivisie dan bergabung bersama Ajax Amsterdam selama dua musim hingga akhirnya, ia bergabung dengan Juventus pada tahun 2004.

2. Trofi Zlatan Ibrahimovic

Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic

Photo :
  • Michele Nucci/LaPresse via AP

Selama menjadi pemain profesional, Zlatan Ibrahimovic telah meraih 31 trofi di berbagai klub. Namun di antara trofi yang yang diraihnya, ia belum sama sekali meraih gelar Liga Champions hingga pensiun. Meskipun begitu, ia tetap menjadi penyerang paling berbahaya di Eropa.

Selain itu juga, Zlatan Ibrahimovic telah meraih banyak penghargaan individu seperti enam kali menjadi Top skor di Serie A dan Ligue 1.

3. Total Gol Zlatan Ibrahimovic

Bomber AC Milan, Zlatan Ibrahimovic

Photo :
  • Twitter/@acmilan

Selama menjalani karier 20 tahun lebih di dunia sepakbola, Zlatan Ibrahimovic tercatat telah mencetak 496 gol dari 827 pertandingan di berbagai klub yang diperkuatnya. Catatan terbaiknya ketika membela PSG dengan mencetak 156 gol dari 180 pertandingan.

Selain andal dalam mencetak gol, Zlatan Ibrahimovic tercatat telah menciptakan 204 assist. Sedangkan bersama Timnas Swedia, ia tercatat telah 69 gol dari 131 pertandingan.

4. Masa Kecil Kurang Bahagia

Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic

Photo :
  • twitter.com/acmilan

Zlatan Ibrahimovic bukan lahir dari keluarga yang sangat kaya, malah bisa di bilang hidup dari serba kekurangan. Kedua orang tuanya merupakan seorang imigran dari Kroasia dan Bosnia-Herzegovina.

Hal yang paling menyedihkan bagi Zlatan Ibrahimovic adalah ketika kedua orang tuanya harus bercerai kalau itu umur dia masih terbilang sangat kecil yaitu 2 tahun.

5. Memperkuat Sembilan Tim

Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.

Photo :
  • sportsmole.co.uk

Sudah menjadi hal yang biasa jika pemain sepakbola berpindah-pindah klub. Namun ada juga pemain sepakbola tetap bertahan dalam satu klub. Hal ini berbeda dengan Zlatan Ibrahimovic yang sudah sembilan kali berpindah-pindah klub.

Di antaranya Malmo FC, Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, PSG, Manchester United, LA Galaxy dan terakhir AC Milan hingga dirinya pensiun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya