Sutradara Skandal Calciopoli Divonis 5 Tahun

Luciano Moggi
Sumber :
  • AP/Alberto Ramella

VIVAnews - Mantan Manajer Umum Juventus, Luciano Moggi divonis 5 tahun dan 4 bulan penjara oleh Pengadilan Italia. Moggi dianggap sebagai sutradara kasus pengaturan skor (Calciopoli).

Akibat skandal Calciopoli, Juventus harus menyerahkan trofi Serie A 2005 dan 2006. Bahkan, Bianconeri dihukum dengan degradasi ke Serie B.

Untuk sementara, Moggi sudah mendapatkan hukuman yakni dilarang berperan dalam sepakbola seumur hidup. Pria yang juga mantan guru transfer Juventus ini dianggap bersalah karena melakukan tindakan tak sportif.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M

Pengadilan Italia diberi kewenangan mengadili Moggi karena sudah dianggap memasuki ranah kriminal. Penasihat hukum Moggi mengaku akan melancarkan banding atas keputusan ini.

Beberapa pelaku skandal Calciopoli lainnya juga dihukum. Kakak beradik pemilik Fiorentina, Andrea dan Diego Della Valle serta Presiden Lazio, Claudio Lotito divonis 15 bulan penjara. Mereka masing-masing juga didenda 25.000 euro.

Wasit Paolo Bergamo divonis 3 tahun dan 8 bulan. Sedangkan rekannya sesama wasit, Pierluigi Pairetto 1 tahun dan 11 bulan.

Juventus menghabiskan semusim di Serie B setelah skandal memalukan itu. Mereka langsung menjadi juara Serie B sehingga berhak promosi ke Serie A.

Scudetto 2005 yang diraih Juve tak diberikan ke tim lain. Sedangkan Inter Milan mendapatkan Scudetto 2006.

Milan, Fiorentina, Lazio dan Reggina mendapatkan pengurangan poin karena dianggap terlibat dalam skandal itu. Awal tahun ini, Juventus meminta agar Scudetto 2006 yang diberikan kepada Inter dibatalkan karena juga dianggap terlibat.

Tapi, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) tak berhak untuk menganulir keputusan itu. Akibatnya, Inter masih berhak menyandang label juara Serie A 2006. (eh)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Juve masih bertanggung jawab atas kebutuhan Pogba.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016