Legenda Juventus: Pirlo Harus Ubah Gaya Main

Andrea Pirlo dan Stevan Jovetic
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo

VIVAbola - Franco Causio, winger Juventus era 1966–68 dan 1970–1981, memberikan saran kepada Andrea Pirlo. Ia meminta Pirlo mengubah gaya bermain di Bianconeri.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M

Menurut Causio, pekerjaan Pirlo di Juventus teramat berat. Sehingga ia perlu cara untuk mengakali tingkat kebugarannya agar tetap bisa tampil stabil.

"Apakah Pirlo mengalami kesulitan? Saya pikir begitu, sedikit lelah dan butuh istirahat. Dia juga tipe pemain yang selalu dijaga ketat oleh lawan. Dia terus bergerak, namun tidak mudah baginya untuk mengerahkan kemampuan dan memiliki kebebasan seperti tahun lalu," ujar Causio kepada Sky Sports 24.

Nasihat ini diberikan Causio karena melihat kondisi Pirlo sekarang mirip yang dialami legenda Juventus lainnya, Michel Platini, saat masih aktif bermain. Keduanya bermain sebagai playmaker di lini tengah dan kehadirannya di lapangan sangat dibutuhkan oleh tim.

"Saya ingin melihat seseorang membantu dia. Platini sama dengan Pirlo. Dia tipe pemain yang selalu dijaga ketat oleh lawan. Tanpa (Gaetano) Scirea yang mendukungnya, Platini pasti kalah dalam beberapa pertandingan tertentu," ucap Causio.

"Jika saya Pirlo, daripada bermain di depan pertahanan, saya lebih memilih untuk bermain di belakang striker seperti (Mirko) Vucinic atau lainnya," sambung pria yang kini sudah berumur 63 tahun itu.

Indikasi kelelahan yang dialami Pirlo memang tampak saat Juventus menghadapi Chievo Verona, 23 September lalu. Dia tidak bermain dan posisinya diambil alih oleh pemain berusia 19 tahun, Paul Pogba. Lalu di laga selanjutnya melawan Fiorentina, Pirlo hanya dimainkan selama 68 menit.

Sejauh ini, Pirlo yang kini berumur 33 tahun kerap menempati posisi sebagai gelandang bertahan. Dia berdiri di depan tiga bek Juventus dalam pola 3-5-2. (one)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Juve masih bertanggung jawab atas kebutuhan Pogba.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016