Pelatih AS Roma Akui Kehebatan Juventus

Andrea Pirlo membobol gawang Roma lewat tendangan bebas
Sumber :
  • REUTERS/Stefano Rellandini

VIVAbola - Pelatih AS Roma, Zdenek Zeman, tidak bisa menyangkal bahwa Juventus merupakan klub yang solid. Hal itu diungkapkan setelah timnya dilumat Bianconeri dengan skor 1-4 di Juventus Stadium, Sabtu 29 September 2012 waktu setempat (Minggu dinihari WIB).

"Kami mencoba untuk menampilkan gaya permainan kami tetapi tidak bisa tercapai. Juventus jelas superior di sepanjang pertandingan," ujar Zeman seperti dilansir Football Italia.

"Kami tidak bertahan dan menyerang secara efektif sehingga selalu berada di bawah tekanan. Masalahnya adalah menemukan gaya bermain, seolah-olah kami tidak berjuang bersama. Maka kesenjangan pun muncul dan tim kami terlihat hancur," sambungnya.

Zeman tidak memungkiri jika gol beruntun yang diciptakan Juventus turut menghancurkan mental bertanding anak asuhnya. Meskipun Francesco Totti dan Daniele De Rossi diturunkan, Roma tetap sulit bangkit.

"Kami bekerja keras, namun pertandingan ini sangat mengerikan. Kebobolan tiga gol dalam waktu tujuh menit akan menjatuhkan siapa pun," paparnya.

Pada pertandingan itu, Zeman memutuskan untuk menarik Totti di menit 63 dan menggantikannya dengan Mattia Destro. Menurut pelatih kelahiran Republik Ceko ini, hal ini dilakukan karena peluang untuk memenangkan pertandingan dirasa sudah tertutup.

"Saya mengganti Totti karena saya pikir pertandingan sudah tidak bisa diambil alih lagi. Jadi keputusan pintar adalah memberikan istirahat kepadanya," ucapnya.

Mengenai krtitikan yang menyebut taktik 4-3-3 ala Zeman dianggap sudah sulit bersaing di era modern, pria yang kini berusia 65 tahun itu  menyanggahnya. Zeman berkilah bahwa anak asuhnya selalu tampil sangat baik jika bermain di sesi latihan.

"Apakah ide saya kuno? Ketika saya melihat tim bermain dengan ide saya, maka saya bisa memberikan penilaian. Tapi, malam ini saya hanya melihat sedikit apa yang biasa kami lakukan di latihan. Mungkin Juventus begitu menakutkan sehingga kami tidak bisa mengekspresikan ide yang kami miliki," tuturnya. (eh)

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M
Gelandang Manchester United, Paul Pogba

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Juve masih bertanggung jawab atas kebutuhan Pogba.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016