5 Fakta Unik Serie A yang Jarang Diketahui

Juventus saat merayakan gelar Scudetto
Sumber :
  • http://berbol.com
VIVA.co.id
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
-
Kick off
Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M
Serie A musim 2015-16 akan berlangsung hari ini, Sabtu 22 Agustus 2015. Duel Hellas Verona melawan AS Roma di Stadio Marc'Antonio Bentegodi akan menjadi laga pembuka di musim ini.

Juventus Tak Menikmati Untung Besar dari Penjualan Pogba
Juventus berstatus sebagai juara bertahan. La Vecchia Signora mendapat tantangan besar musim ini usai merebut Scudetto dalam empat musim beruntun.

Ada berbagai fakta menarik seputar Serie A. Berikut 5 fakta unik Serie A seperti dihimpun VIVAbola dari berbagai sumber:

1. Cikal bakal Serie A
Sejarah panjang Serie A bermula di tahun 1989. Genoa menjadi tim pertama yang menjadi juara usai menundukkan Internazionale Torino 2-1 di partai puncak. Saat itu, kejuaraan menggunakan sistem knockout.

Setelah melalui berbagai macam format regional dan antar-regional, format liga baru diperkenalkan di musim 1929-30. Saat itu, sistem promosi dan degradasi baru diperkenalkan. Inter Milan (dulu Ambrosiana Inter) keluar sebagai juara di format baru ini.

Selanjutnya: Serie A juga sempat mengalami dualisme


2. Sempat ada dualisme
Sama seperti di Indonesia, sepakbola Italia ternyata juga pernah mengalami dualisme liga. Itu terjadi di musim 1921-22. Saat itu terbentuk liga dari bentukan CCI (Confederazione Calcistica Italiana), yang merupakan organisme tandingan FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio, Federasi Sepakbola Italia).

Liga bentukan CCI ini didirikan oleh tim-tim yang meminta rencana pengurangan anggota Liga Italia. Liga CCI ini akhirnya bubar dan dibentuk semacam play-off untuk bermain di musim 1922-23 di kompetisi resmi FIGC.

Selanjutnya: arti lambang Scudetto


3. Arti lambang Scudetto
Peraih gelar Serie A berhak menggunakan lambang Scudetto di jersey untuk musim selanjutnya. Scudetto dilambangkan dengan perisai yeng menandakan tim terbaik di Italia.

Genoa menjadi tim pertama yang meraih Scudetto, usai menjadi juara pada 1989. Sementara itu, Juventus menjadi tim yang paling sering meraih Scudetto, dengan 31 kali merebut juara.

Selanjutnya: Rekor Serie A di Eropa
4. Rekor di Eropa
Serie A diakui sebagai salah satu liga top di Eropa. Terbukti, Serie A tercatat sebagai liga terbaik kedua di Serie A versi IFFHS.

Tim-tim Italia memegang rekor paling sering tampil di final Liga Champions, dengan 26 kali masuk final dan 12 kali menjadi juara. Sementara itu, Serie A tercatat di peringkat 4 koefisien klub Eropa, di bawah La Liga, Premier League, dan Bundesliga. Pada 1986 hingga 1999, Serie A sempat menempati puncak ranking UEFA.

Selanjutnya: Rekor Juventus, AC Milan, dan Inter Milan


5. Rekor istimewa Juventus, AC Milan, dan Inter Milan
Juventus vs AC Milan
Serie A tak pernah lepas dari 3 tim papan atas, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Ketiga klub ini punya prestasi masing-masing yang dibanggakan oleh para penggemarnya.

Juventus tercatat sebagai tim terbaik Italia di abad 20. Bianconeri juga merupakan tim terbaik dengan raihan 31 Scudetto. Sementara itu, Milan sukses meraih 18 gelar internasional, yang merupakan rekor terbanyak kedua di dunia bersama Boca Juniors dan Real Madrid.

Inter juga punya rekor tak kalah mentereng. La Beneamata tercatat sebagai satu-satunya tim yang tak pernah terdegradasi. Mereka juga menjadi satu-satunya tim Italia yang meraih treble winners, pada 2010.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya