Inter Vs Juventus, Mengapa Disebut Derby d'Italia?

Juventus melawan Inter Milan
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Innerarity
VIVA.co.id
Prediksi Liga Champions: Inter Milan Vs Liverpool
- Inter Milan akan menjamu Juventus dalam lanjutan Serie A, Minggu 18 Oktober 2015 (Senin dini hari WIB). Laga panas ini seringkali dijuluki Derby d'Italia?

Solskjaer Serang Klopp, Inter Mengamuk dan Pacquiao Dihajar Ugas
Mungkin banyak yang bertanya, mengapa laga ini disebut derby. Padahal, kedua tim ini tidak berada di kota yang sama. 

Mantan Pemain AC Milan Cela Treble Winner Inter 2010
Istilah Derby d'Italia kali pertama diperkenalkan oleh jurnalis olahraga Italia, Gianni Brera pada 1967. Istilah ini didasarkan pada persaingan sengit antara kedua tim.

Lalu mengapa disebut derby? Banyak yang mengira itu karena ini merupakan duel dua tim yang belum pernah terdegradasi. Ini hanya berlaku sampai tahun 2005. Sebab kini Inter menjadi satu-satunya tim Italia yang belum pernah terdegradasi sejak Juventus turun kasta ke Serie B setelah Calciopoli pada 2006.

Ternyata duel antara dua tim yang belum pernah terdegradasi bukanlah penyebab sebutan Derby d'Italia. Saat pertama kali istilah ini diperkenalkan pada 1967 ada 4 tim yang belum degradasi yakni Bologna, Inter Milan, Juventus, dan AC Milan. Milan akhirnya terdegradasi pada 1980, Bologna akhirnya terdegradasi pada 1982, dan Juventus pada 2006.

Banyak pula yang bilang ini adalah duel dua tim pengoleksi gelar terbanyak di Serie A. Ini juga salah. Sebab, pada rentang 1994 hingga 2009 Scudetto AC Milan justru lebih banyak dari Inter. Tapi, istilah Derby d'Italia tetap untuk duel Inter vs Juventus.

Jadi, istilah Derby d'Italia bukanlah mengenai dua tim tersukses atau tim yang belum pernah terdegradasi. Persaingan dan juga atmosfir yang mirip dengan derby adalah hal yang menyebabkan muncul istilah ini.

Fakta yang membuat duel ini semakin menarik adalah, Inter dan Juventus adalah dua tim dengan jumlah kemenangan dan gol terbanyak di Serie A. Keduanya juga mewakili kota terbesar di Barat Laut Italia. Tak jarang, insiden dalam duel ini memicu perdebatan politik di Kota Turin dan Milan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya