Bantai Dusseldorf, Dortmund Tembus Tiga Besar

Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus, melakukan selebrasi usai mencetak gol
Sumber :
  • Instagram/@bvb09

VIVA – Kemenangan besar diraih Borussia Dortmund saat menjamu tim papan bawah, Fortuna Dusseldorf, di Signal Iduna Park. Armada Die Borussen tanpa ampun membantai tim tamu 5-0 dalam laga pekan ke-14 Bundesliga 2019/2020, Sabtu 7 Desember 2019 WIB.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Tampil di depan pendukung fanatiknya, Dortmund langsung mengancam pertahanan Dusseldorf. Marco Reus membuka peluang lewat tendangan bebasnya saat laga baru berjalan tiga menit. Sayang, bola sepakannya masih melambung.

Tujuh menit kemudian, Reus kembali mendapat kans. Menerima umpan Thorgan Hazard, kapten Dortmund mampu melepas tembakan dari tengah kotak penalti. Sayang, bola sepakannya masih bisa dibaca dan diamankan oleh kiper Dusseldorf, Zack Steffen.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Dortmund terus menggempur pertahanan Dusseldorf. Menit 26 giliran Jadon Sancho yang menciptakan peluang lewat sepakan kaki kanan usai mendapat umpan Sanco. Akan tetapi, peluang Sancho kembali bisa diantisipasi oleh Steffen.

Kebuntuan Dortmund akhirnya pecah. Tepatnya menit 42, Reus mampu membobol gawang Steffen. Berawal dari through pass Lukasz Piszczek, tembakan mantan pemain Borussia Moenchengladbach ini meluncur deras ke sisi kanan gawang.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Menit 52, Sancho berhasil mencetak gol. Akan tetapi, wasit Daniel Siebert akhirnya menganulir gol tersebut. Setelah menyaksikan tayangan ulang dalam Video Assistant Referee (VAR), Sancho terlihat sudah berada dalam posisi offside.

Enam menit berselang, Dortmund akhirnya berhasil menggandakan keunggulannya. Berawal dari serangan balik cepat, Sancho mengirim umpan terobosan yang bisa dimaksimalkan Thorgan Hazard. Sepakan Hazard meluncur deras ke sisi kiri dan membuat Steffen kembali memungut bola dari gawang sendiri.

Dortmund kian percaya diri. Lima menit setelah gol Hazard, giliran Sancho yang ikut mencatatkan namanya di papan skor. Sepakannya dari dalam kotak penati setelah mendapat umpan Reus, gagal dibendung Steffen dan bersanag di sisi kanan.

Dortmund makin tak terbendung setelah Reus mencetak gol keduanya pada menit 70. Berawal dari penetrasi Hazard ke jantung pertahanan Dusseldorf, bintang asal Belgia ini kemudian menyodorkan umpan pendek kepada Reus. Tanpa ampun, Reus menghujamkan bola dari jarak dekat ke dalam gawang.

Unggul empat gol tak membuat Dortmund mengendurkan serangannya. Sancho juga berhasil mencetak brace pada menit 74. Lagi-lagi lewat skema counter attack, Sancho mampu memaksimalkan umpan terobosan yang dikirim Achraf Hakimi di sisi kanan.

Gol kedua Sancho jadi yang terakhir tercipta di pertandingan ini. Hingga peluit panyang berbunyi, Dortmund mampu mengunci kemenangan telak 5-0 atas Dusseldorf.

Kemenangan ini membawa pasukan Lucien Favre naik ke posisi ketiga dengan koleksi 26 poin, menggeser Bayern Munich yang dalam laga lainnya bermain imbang melawan Borussia Moenchengladbach. Sementara bagi Dusseldorf, kekalahan ini membuat anak asuh Friedheim Funkel tak bergerak dari zona merah, atau tepatnya di urutan 16, dengan catatan baru 12 poin.

Susunan Pemain:

Borussia Dortmund: Ruman Burki (gk); Lukasz Piszczek (Leonardo Balerdi'78), Manuel Akanji, Dan Zagadou, Achraf Hakimi, Julan Brandt (Mahmoud Dahoud'78), Axel Witsel, Raphael Guerreiro, Marco Reus (Mario Goetze'73), Jadon Sancho, Thorgan Hazard.

Fortuna Duesseldorf: Zack Steffen (gk); Matthias Zimmermann, Kasim Adams, Andre Hoffmann, Niko Giesselmann, Adam Bodzek, Jean Zimmer (Dawid Kownacki'59), Lewis Baker (Oliver Fink'67), Alfredo Morales, Erik Thommy (Aymen Barkok'67), Rouwen Hennings.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya