Jual Pemain Bintang, Bos Real Madrid Telah Hasilkan Rp11 Triliun

Real Madrid Juara Liga Champions Usai Kalahkan Liverpool
Sumber :
  • REUTERS / Kai Pfaffenbach

VIVA – Florentino Perez adalah sosok dari kesuksesan Real Madrid tidak hanya di Spanyol namun juga di Eropa. Pria yang menjabat sebagai Presiden Real Madrid ini telah mendatangkan berbagai nama terkenal di Santiago Bernabeu. 

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Dikutip dari Marca, Perez menjadi Presiden Madrid dua kali, tahun 2000-2006 dan 2009-sekarang. Tahun 2000 ketika ia menjadi presiden pertama kalinya, Perez langsung mendatangkan pemain top saat itu, Luis Figo, Zinedine Zidane, David Beckham dan Ronaldo. 

Perez membangung sebuah tim yang kemudian dikenal dengan nama Galacticos. Perez tidak hanya mendatangkan pemain dengan harga mahal, namun ia juga mampu menjual dengan harga selangit. 

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Tahun 2000, Perez berhasil menjual Fernando Redondo ke AC Milan dengan nilai transfer,€17,5 juta (sekitar Rp288 miliar) . Kemudian Perez menjual Nicolas Anelka (Paris Saint-Germain) dengan harga €34,5 juta atau Rp561 miliar dan Clarence Seedorf  €24,5 juta setara dengan Rp396 miliar(Inter Milan).  

Sebelum meninggalkan Madrid tahun 2006, Perez menjual Walter Samuel ke Inter Milan dengan harga €18 juta (sekitar Rp297 miliar). Kemudian Michael Owen ke Newcastle United dengan nilai transfer €25 juta (sekitar Rp412 miliar). 

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Tahun 2009, ketika ia kembali lagi ke Madrid, Perez mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Manchester United. Nilai transfernya ketika itu mencapai £80 pound (sekitar Rp1,4 triliun). Namun, Perez juga mampu menghasilkan uang yang cukup besar dari penjualan pemain. 

Perez menjual Alvaro Morata ke Chelsea dengan nilai €80 juta (sekitar Rp1,3 triliun). Mesut Oezil yang meninggal Madrid ke Arsenal nilai transfernya mencapai €45 juta (sekitar Rp743 miliar). Yang paling baru adalah penjualan Cristiano Ronaldo ke Juventus di mana nilai transfernya mencapai Rp1,9 triliun.  

Selama 15 tahun Perez berada di Madrid ia telah menghasilkan uang sebesar €676 juta (sekitar Rp11 triliun) dari penjualan pemain. Namun, Perez juga menghabiskan uang sebesar €758 juta (sekitar Rp12 triliun) untuk membeli pemain.

Prestasi yang dihasilkan oleh Madrid pun juga tidak main-main. Ia menjadi tim dengan koleksi juara Liga Champions terbanyak 13 kali, di mana 3 kali mereka raih secara beruntun. Di era Perez, Madrid berhasil meraih lima gelar Liga Champions, empat Piala Super Eropa dan empat gelar LaLiga, serta dua gelar Copa del Rey. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya