Jumlah Kartu Menurun, Efek Positif VAR di LaLiga

Ilustrasi kartu kuning
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Meski baru berjalan tiga pertandingan, Presiden Komite Wasit Spanyol, Carlos Velasco mengaku puas dengan penerapan VAR di LaLiga musim ini. 

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Dilansir Marca, Selasa 4 September 2018, dengan bantuan VAR (Video Assistant Referee) ada 10 keputusan wasit yang dikoreksi dari tiga pekan LaLiga.

Berkat penggunaan VAR pula, ada tambahan tujuh gol yang tercipta, dua penalti, satu koreksi identitas pemain, 10 review dan 364 review keputusan dari total 29 laga. 

FIFA Ungkap Kabar Baik soal VAR di Liga 1 dan Wasit Indonesia

Dan yang lebih penting lagi, jumlah rata-rata kartu menurun. Yaitu 4,34 kartu perlaga. Ini rekor terbaik di LaLiga dalam 27 tahun terakhir sejak musim 1992.

Velaco pun coba memberikan penjelasan soal penerapan VAR. Dia menepis anggapan yang menyebut VAR telah mengintervensi kewenangan wasit di lapangan.

VAR Mulai Diterapkan di Final EPA U-20 Persita Vs Persis Solo

"Yang pertama, peran VAR adalah mengetahui dengan jelas apa yang telah diputuskan oleh wasit. Dari sana, mereka memeriksa informasi yang ada," kata Velasco.

"Lalu, VAR punya kesempatan memeriksa, bukan mengubah keputusan. Untuk melihat apakah yang dilakukan wasit tidak diragukan lagi. Jika tidak, maka tidak ada intervensi."

Meski puas dengan penerapan VAR, Velasco tetap mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi soal kebijakan ini. Rencananya, evaluasi akan digelar pada November 2018. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya