Satu Lagi Pemain Muda Indonesia Dapat 'Kartu Sakti' Liga Spanyol

Helmy saat tampil bersama CIA Palencia A
Sumber :
  • Dok. Vamos Indonesia

VIVA – Kabar gembira datang dari Spanyol. Pemain muda asal Indonesia, Helmy mencatatkan debutnya bersama tim CIA Palencia A yang mentas di Liga Nasional U-18 Division de Honor Spanyol.

Pulang ke Spanyol Usai Juara di J League

Pemain asal Balikpapan, Kalimantan Timur itu mengecap ajang yang pernah juga dirasakan oleh pemain sekelas Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Pep Guardiola.

Bukan cuma itu kabar gembira dari Helmy. Dia juga sudah mandapatkan kartu Ficha, syarat bagi pesepakbola asing yang ingin bermain di Liga Spanyol.

Kabar Buruk Lagi dari Barcelona, Bikin Semakin Gigit Jari

Tanpa Ficha pemain bola manapun tidak akan bisa bermain di Liga Resmi Spanyol. Saat ini masih ada 6 anak Indonesia di Palencia Academy yang sedang menunggu Ficha-nya. Untuk bisa resmi bermain di Liga Pemuda Spanyol. Mereka tergabung dalam Proyek "Vamos Indonesia”.

Proyek Vamos Indonesia ini sepenuhnya didanai perorangan untuk melahirkan pemain-pemain bola muda berbakat Indonesia agar bisa bermain di Liga-Liga profesional, terutama di Eropa. Untuk tahap awal, Spanyol dipilih karena memiliki kelengkapan sekolah akademi bola terbaik bagi anak usia muda.

Xavi Minta Perpanjang Kontrak Pemain yang Mencintai Barcelona Ini

Sebelum Helmy sudah ada anak Indonesia lainnya yang juga telah mendapatkan kartu Ficha dan bermain di LIga U-18 Provincional, satu level dibawah kasta Liga U18 Division de Honor, yaitu Reza.

"Selamat buat Helmy dan Reza, Teruslah meningkatkan prestasi dan menambah pengalaman bertanding sehingga kelak bisa mempekuat Tim Nasional Indonesia yang mampu bersaing di kancah regional, Asia dan Dunia kata Fanny Riawan selaku Program Director Project Vamos Indonesia.

Program Vamos Indonesia, kata Fanny Riawan sengaja diluncurkan dengan tujuan mencetak pemain berkualitas melalui kompetisi yang baik dan berkualitas. Apalagi, tujuan awal pendirian Program Vamos Indonesia membantu PSSI dalam mengangkat prestasi sepakbola Indonesia.

"Usia emas para pemain sepakbola itu mulai 16 hingga 19 tahun. Dan, mereka harus tampil minimal sebanyak 30 kali per tahun dalam kompetisi sesuai standar yang ditetapkan FIFA. Yang pasti, tanpa liga yang bagus untuk semua kelompok umur hingga U 19 , sulit muncul talenta muda yang siap menggantikan pemain senior. Makanya, kita memberangkatkan mereka ke Spanyol yang memiliki kompetisi cukup bagus," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya