Terungkap, Alves Beber Kunci Keberhasilan Messi di Barcelona

Megabintang Barcelona, Lionel Messi.
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Lionel Messi dan Dani Alves dikenal sebagai duet mematikan di sisi kanan serangan Barcelona di era kepemimpinan Pep Guardiola.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Guardiola dianggap sebagai otak di balik duet mematikan kedua pemain ini. Tetapi, Alves mengklaim sempat memberikan saran penting kepada Guardiola.

Saat itu, Alves menjelaskan kepada Guardiola, betapa pentingnya untuk menjaga Messi tetap terhubung dan terlibat dalam permainan. 

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

"Saya biasanya mengirimkan umpan ke sayap (Messi), daripada ke area dalam lapangan. Tetapi, itu tipe umpan yang tidak diinginkan Guardiola," Alves menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Globoesporte

"Saya berusaha banyak terhubung dengan Messi. Tetapi, Guardiola menginginkan saya melakukan sesuatu yang berbeda. Jadi, saya pergi untuk berbicara dengannya," lanjut Alves. 

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Alves mengungkapkan, Messi bakal kesulitan membantu tim meraih kemenangan, jika dia jarang mendapat bola dari rekan-rekan setimnya.

"Saya memberi tahu dia (Guardiola): 'Maaf pelatih, jika Messi dalam dua menit tanpa menguasai bola, maka dia akan putus koneksi dengan permainan tim," kata Alves kala itu kepada Guardiola.

"Dan, jika dia putus koneksi, bagaimana dia akan bisa bersiap untuk menjadi penentu dalam sebuah pertandingan? Dan, dia (Guardiola) setuju dengan saya," tambahnya.

Lionel Messi dan Dani Alves

Seperti diketahui, saat Alves masih menjadi bek kanan andalan Barca (2008-2016), dia punya kontribusi besar atas prestasi gemilang klub.

Aksi saling umpan bek asal Brasil tersebut dengan messi di sisi kanan serangan Barcelona, selalu membuat pertahanan lawan kewalahan.

Tak heran saat masih ada Alves, Messi tampil lebih cemerlang dan Barcelona sukses menjuarai Liga Champions tiga kali (2009, 2011 dan 2015). (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya