Xavi Jilat Ludah Sendiri, Sekarang Ngebet Jadi Pelatih Barcelona

Xavi saat ini melatih klub Qatar, Al Sadd
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, sempat menolak menjadi pelatih mantan klubnya itu. Xavi pernah ditawari menjadi pelatih Barcelona untuk menggantikan posisi Ernesto Valverde yang dipecat pada Januari 2020.

Barcelona Cegah Xavi Pergi

Xavi tiga kali bertemu dengan Sekretaris Teknik Eric Abidal dan CEO Barcelona, Oscar Grau membahas tawaran itu. Tapi dia akhirnya menolak tawaran tersebut dan memilih fokus membesut Al Sadd.

Namun, ucapan itu itu kini telah berubah. Hanya dua bulan setelah ia menolak tawaran tersebut, Xavi mengaku mau menjadi pelatih Barcelona. 

Pemain Pinjaman Barcelona Sebut Pep Guardiola Pembohong: Dia Tak Ingat istri dan Anak Saya Dirampok

“Saya jelas ingin kembali ke Barcelona, ??saya sangat gembira. Sekarang saya telah melihat diri saya menjadi pelatih, saya pikir saya bisa membawa banyak hal kepada para pemain," kata Xavi kepada La Vanguardia.

Tak Mampu Bayar Jaminan, Dani Alves Masih Mendekam di Penjara

"Tetapi saya menjelaskan kepada mereka bahwa saya melihat diri saya dalam sebuah proyek yang dimulai dari nol dan di mana pengambilan keputusan menjadi milik saya," imbuhnya.

Baca Juga: Mengenang Duet Serasi Ronaldo dan Oezil di Real Madrid

Xavi menjabarkan apa yang ingin ia lakukan di Barcelona. Dia akan mempertahankan sejumlah pemain andalan seperti Lionel Messi, Gerard Pique dan kiper Marc-Andre Ter Stegen. 

Di posisi gelandang, Xavi akan menaruh Frenkie De Jong dan Arthur Melo. Kemudian, ia membangkitkan kemungkinan akan mengembalikan Neymar. 

Namun, jika transfer itu tidak terjadi, Xavi ingin memboyong bomber muda Borussia Dortmund dan Inggris Jadon Sancho atau sesama bintang Bundesliga Serge Gnabry dari Bayern Munich. 

Menurut Xavi, dengan formasi itu, Barcelona akan menjadi tim yang tak terkalahkan hingga 10 tahun ke depan. "Saya tidak tahu apakah Neymar akan kembali ke Barcelona. Tapi, saya yakin jika dia kembali itu akan menjadi penandatanganan yang spektakuler. Saya rasa, Barcelona tak butuh banyak pemain baru. Mungkin hanya Jadon Sancho, dan Serge Gnabry," ucapnya. 

Xavi menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Barcelona, ??dari tahun 1998 hingga 2015. Xavi bermain lebih dari 700 pertandingan. 

Selama pengabdiannya, Xavi memenangkan delapan gelar LaLiga dan mengangkat empat trofi Liga Champions. Selain itu, Xavi juga memainkan peran penting dalam keberhasilan Spanyol merengkuh gelar juara Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Di satu sisi, jika memang Xavi memang siap menangani Barcelona, saat ini posisi tersebut sidah ada yang mengisi. Dia adalah Quique Setien. Juru taktik 61 tahun itu diikat kontrak bersama Barcelona sampai 30 Juni 2022.

Baca Juga: 

Bruno Fernandes Bikin Suporter MU Lupa Pogba

Kisah Eks Bomber Liverpool Diancam Pemain Paling Brutal di Dunia

Mengenang Duet Serasi Ronaldo dan Oezil di Real Madrid

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya