Ternyata Segini Ancaman Kerugian Fantastis Barcelona Akibat COVID-19

Kapten Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Barcelona terancam rugi bandar. Mereka ternyata bisa kehilangan begitu banyak uang akibat wabah virus corona COVID-19 yang menyerang Eropa.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Setidaknya, dilansir Marca, Barca bisa kehilangan €100 juta atau setara Rp1,8 triliun akibat wabah virus corona. Nilai tersebut sama dengan 10 persen dari anggaran klub untuk musim 2019/20.

Kerugian ini bisa muncul jika beberapa kondisi terjadi. Andai LaLiga dan Liga Champions tak dilanjutkan, Barca bisa merugi sebesar €26,4 juta.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Ada lagi, ancaman kerugian dari sektor lain yang jumlahnya mencapai €33 juta. Itu berasal dari pencapaian Barca di Liga Champions, dengan asumsi, mereka bisa lolos ke semifinal.

Sementara, uang dari hak siar televisi juga bisa menguap begitu saja. Barca sebenarnya sudah mendapat 85 persen dari hak siar televisi. Namun, mereka bisa kehilangan €25 juta dari sektor tersebut.

5 Fakta Menarik Real Madrid Usai Permalukan Barcelona di LaLiga

Kemudian, sektor lainnya bisa menyumbang kerugian besar pula. Sebab, bisnis mereka macam penjualan merchandise, museum, sekolah sepakbola, tak bisa berjalan semestinya. Museum contohnya, bisa menghadirkan kerugian sebesar €15 juta karena operasinya berhenti akibat virus corona. Sementara, musim lalu pemasukan dari museum mencapai €60 juta.

Dengan kondisi ini, keuangan Barca sudah pasti goyang. Maka dari itu, mereka memutuskan untuk memotong gaji para pemainnya.

Ronald Araujo

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Barcelona menelan kekalahan 2-3 saat melawat ke Estadio Santiago Bernabeu, markas Real Madrid dalam pertandingan lanjutan LaLiga, Senin dini hari WIB 21 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024