Sadar Taktik Setelah Melihat Legenda Barcelona Bermain

Pelatih Barcelona, Quique Setien
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA – Pelatih Barcelona, Quique Setien bercerita mengenai pengalamannya ketika masih bermain. Karier profesionalnya sebagai pemain berlangsung sejak 1977 hingg 1996.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Diakui oleh Setien, dia baru sadar akan taktik bermain sepakbola setelah menyaksikan legenda Barcelona, Johan Cruijff. Sebelumnya, dia cuma tahu masuk lapangan dan menendang bola.

(Baca juga: 'Uang Ganja' Mike Tyson Gerayangi Stadion Barcelona)

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

"Sebelum saya menonton Barcelona era Cruyff, saya tidak terlalu mengkhawatirkan tentang taktik. Saya pergi untuk bermain dan cuma itu," ujar Setien, dikutip dari Marca.

"Anda akhirnya mulai melihat aspek taktik, menganalisa apa yang terjadi, menemukan alasan, lalu menyadari apa yang Anda sukai dan mulai memperbaiki ide bersama," imbuhnya.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Ketika masih menjadi pemain profesional, Setien tidak pernah berseragam Barcelona. Jadi tidak ada akar tiki-taka dalam dirinya, seperti yang ditanamkan Cruyff untuk tim asal Catalan.

Tapi, manajemen Barcelona memiliki pertimbangan lain dalam merekrutnya. Dua musim membesut Real Betis, Setien dianggap memiliki gagasan bagus untuk membentuk Blaugrana menjadi lebih baik.

(Baca juga: Juventus Desak Barcelona Lepas Arthur Melo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya