6 Bulan Penjara Mengintai Striker Atletico Diego Costa, Kok Bisa?

Striker Atletico Madrid, Diego Costa
Sumber :
  • https://twitter.com/atletienglish

VIVA – Striker Atletico Madrid, Diego Costa terancam hukuman enam bulan penjara. Kok bisa? Usut punya usut, Costa diduga melakukan penggelapan pajak pada 2014 lalu.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Costa diduga telah menipu Spanyol lebih dari 1 juta euro Rp16 juta karena tidak menyetorkan pajak mengenai kepindahannya dari Atletico ke Chelsea pada 2014.

Melansir Sportbible, Costa harus menghadapi persidangan pada 4 Juni 2020 di Spanyol. Laporan itu juga menyebut Costa dituduh Departemen Keuangan Spanyol tidak membayar pajak pemasukan dari hak cipta gambarnya yang nilainya hampir sama.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Untungnya, Undang-undang di Spanyol memperbolehkan hukuman di bawah dua tahun dalam kejahatan tanpa kekerasan diganti dengan denda.

Usai Gasak Tottenham, MU Incar Korban Lain

Artinya, jika tidak mau mendekam di penjara selama enam bulan, striker 31 tahun itu harus membayar denda sebesar 36 ribu euro atau sekitar Rp587 juta. 

Sejatinya, Costa bukanlah pemain pertama yang terseret kasus penggelapan pajak. Megabintang Barcelona dan Juventus yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, pernah mengalaminya.

Bintang Barcelona, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid (kanan).

Pada 2016 lalu, Messi dijatuhi hukuman 21 bulan oleh pengadilan Spanyol. Messi akhirnya membayar denda ke pengadilan Spanyol agar lepas dari jerat penjara.

Sedangkan Ronaldo pada 2018 didenda 18.8 juta euro atau hampir Rp305 miliar. Ronaldo yang telah memenangkan penghargaan Ballon d'Or sebanyak lima kali dan kerap dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik dunia, terbukti bersalah telah menghindari pajak di Spanyol sejak 2010 hingga 2014, ketika ia masih bermain untuk klub Real Madrid dan tinggal di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya