5 Fakta Menarik Ter Stegen, Kiper yang Sempat Jadi Penyerang

Marc-Andre ter Stegen, kiper Barcelona
Sumber :
  • LaLiga

VIVA – Marc-Andre ter Stegen, penjaga gawang Barcelona yang juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Ia bermain untuk Barcelona sejak 2014 lalu. 

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Ter Stegen adalah produk dari akademi Borussia Muenchengladbach, sejak 1996. Ia kemudian promosi ke tim senior pada 2010.

Tahun 2014 Barcelona meminangnya dengan harga £9,7 juta (sekitar Rp175 miliar). Barcelona mendatangkan pemain internasional Jerman ini, untuk menggantikan posisi Victor Valdes dan Jose Manuel Pinto. 

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Sudah enam tahun bersama Barcelona, Ter Stegen telah memberikan empat gelar LaLiga dan Copa del Rey. Satu trofi Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia antar klub.

Berikut lima fakta menarik tentang Ter Stegen dalam rilis yang diterima Viva:

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

1. Ia memulai karirnya sebagai penyerang: Ter Stegen tumbuh di Mönchengladbach, Jerman bagian barat, dan didaftarkan oleh kakeknya ke akademi Borussia Mönchengladbach di saat usianya baru empat tahun. Menariknya, ia awalnya bermain sebagai penyerang di tim mudanya sebelum dipaksa menggantikan kiper tim yang cedera di usia 10 tahun. Ia lalu terus bermain sebagai kiper dan meraih banyak kesuksesan sejak itu.

2. Gaya hidup kota Barcelona cocok dengannya: Tidak seperti pemain sepak bola profesional lainnya, tidak sulit bagi masyarakat Barcelona untuk menemukan ter Stegen di kota tersebut. Ia tinggal di distrik Gràcia dan sering terlihat mengendarai skuter elektriknya, dan bahkan menggunakan transportasi umum di kota tersebut. Ia sudah sering menjelaskan dalam beberapa sesi wawancara mengapa ia cinta dengan kota Barcelona.

3. Ia memiliki darah keturunan Belanda yang kental: Nama belakang ‘Ter Stegen’ didapatkannya karena ia memiliki keturunan Belanda, dan nama tersebut tidak umum digunakan di Jerman. Mönchengladbach terletak hanya 20 kilometer dari perbatasan Belanda, dan Marc-André tinggal dekat dengan Belanda.

4. Ia belum pernah bermain di Piala Dunia maupun kejuaraan Eropa: Meskipun ia adalah salah satu kiper terbaik di dunia, ia belum pernah tampil dalam turnamen internasional untuk timnas Jerman. Manuel Neuer masih menjadi pilihan utama untuk mengawal gawang timnas Jerman, dan Marc-Andre harus puas duduk di bangku cadangan. Namun, ia telah tampil sebanyak 24 kali bagi timnas Jerman di pertandingan persahabatan, pertandingan kualifikasi, UEFA Nations League, dan Piala Konfederasi.

5. Ia sudah mencatatkan dua assist di LaLiga musim 2019/20: Meskipun bermain sebagai kiper, Ter Stegen juga memiliki kontribusi dalam serangan Barcelona musim ini. Sejauh ini ia telah mencatatkan dua assist. Assist pertama ia berikan kepada Luis Suárez dalam pertandingan melawan Getafe pada September lalu; assist keduanya, sebuah umpan jarak jauh yang sempurna kepada Antoine Griezmann dalam pertandingan melawan Mallorca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya