Terbukti Barcelona 'Ngaco' dalam Urusan Beli Pemain, Banyak yang Gagal

Striker Barcelona, Antoine Griezmann.
Sumber :
  • https://twitter.com/LaLigaEN

VIVA – Barcelona boleh menjadi tim bertabur bintang. Banyak nama besar menghuni skuad mereka dari waktu ke waktu.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Silih berganti pula pemain datang dan pergi. Sudah pasti uang bukan jadi pesoalan serius bagi mereka untuk membangun tim yang diharapkan.

Cuma, menengok fakta enam tahun terakhir, Barcelona patutnya bersedih. Sekitar 760 juta poundsterling atau setara Rp12,8 triliun telah mereka habiskan untuk belanja pemain. Dan sialnya kebanyakan penggawa yang didatangkan berujung zonk.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Musim 2015-2016

Gelandang Barcelona Arda Turan

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Barcelona mendatangkan Arda Turan dan Aleix Vidal. Kala itu mereka memaksakan diri memboyong pemain padahal sedang dalam embargo transfer. Sekitar 50 juta poundsterling dikeluarkan. Tapi kedua pemain tersebut gagal memberikan kontribusi maksimal.

Musim 2016-2017

Gelandang Barcelona, Andre Gomes

Barcelona melakukan belanja pemain besar-besaran. Ada enam nama baru yang masuk. Mereka adalah Andre Gomes, Paco Alcacer, Samuel Umtiti, Lucas Digne, Jasper Cillessen, Denis Suarez. Apesnya, dari nama-nama itu cuma Umtiti yang bertahan sampai sekarang. Itu pun kontribusinya kini semakin diragukan dan berpeluang besar dibuang.

Musim 2017-2018

Gelandang serang Barcelona, Philippe Coutinho

Kali ini mereka lebih gila. Tujuh pemain sekaligus diboyong. Mereka adalah Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, Paulinho, Nelson Semedo, Gerard Deulofeu, Yerry Mina, Marlon. Untuk Coutinho saja mereka sudah menghabiskan 142 juta poundsterling. Itu masih ditambah Dembele yang digaet seharga 100 juta poundsterling.

2018-2019

Arthur Melo

Mereka mulai agak kalem, meski masih memboyong banyak pemain. Ada lima nama baru yang masuk, yakni Malcom, Clement Lenglet, Arthur Melo, Arturo Vidal, Jean-Clair Todibo. Yang baru saja dijual ke Juventus adalah Arthur.

2019-2020

Antoine Griezmann

Kembali Barcelona memboyong banyak nama anyar. Ada tujuh orang, mereka dalah Antoine Griezmann, Frenkie De Jong, Neto, Martin Braithwaite, Junior Firpo, Emerson, Marc Cucurella. Mungkin sampai kini hanya De Jong yang dianggap tampil bagus. Sisanya, termasuk Griezmann yang digaet seharga 100 juta euro, malam melempem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya