Penyebab Timnas Belanda Relakan Ronald Koeman Pergi ke Barcelona

Mantan Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman.
Sumber :
  • Twitter/@OnsOranje

VIVA – Barcelona sudah resmi memperkenalkan Ronald Koeman sebagai pelatih baru mereka menggantikan Quique Setien. Sebelum memutuskan bergabung dengan Barcelona, Koeman merupakan pelatih Tim Nasional Belanda.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Lantas, mengapa Timnas Belanda begitu rela melepas Koeman ke Barcelona, meskipun kontraknya baru akan berakhir selepas Euro 2020. Direktur Teknik Federasi Sepakbola Belanda (KNVB), Eric Gudde, mengatakan, ada klausul kontrak yang memaksa pihaknya mesti mengikhlaskan Koeman.

Sebenarnya, penunjukan Koeman bukan hal yang mengejutkan karena keinginan Barcelona mendatangkan pelatih Belanda itu sudah muncul sejak pemecatan Ernesto Valverde, Januari tahun ini. Saat itu, Koeman memilih bertahan karena ingin menyelesaikan tugas dengan mendampingi De Oranje di Euro 2020.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Namun, pandemi COVID-19 rupanya memaksa turnamen antarnegara itu ditunda hingga 2021. Ketika Barcelona kembali bergerak mendekati Koeman, KNVB menyadari sangat sulit untuk menolaknya lagi.

"Saya telah membaca beritanya dari media massa Spanyol mulai Minggu malam (16 Agustus 2020). Saya pun masih belum terlalu risau, tapi saat Koeman menghubungi saya, hari Senin (17 Agustus 2020), saya mulai merasa arahnya akan berbeda," ujar Gudde, seperti dilansir Voetbal International.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

"Kami berdiskusi dengan Koeman pekan lalu dan tidak ada tanda-tanda apa pun. Namun, kekalahan gila Barcelona 2-8 dari Bayern Munich mempercepat segalanya," ujarnya.

Memang, kata Gudde, ada klausul bahwa Koeman dapat melepas ikatan kontrak kerja sama dengan Timnas Belanda jika mendapat tawaran dari Barcelona. Awalnya, klausul itu baru aktif setelah Euro 2020.

Akan tetapi, Gudde mengakui, klausul tersebut dapat aktif kapan saja. Klausul itu pun hanya mencantumkan Barcelona sebagai satu-satunya klub yang dapat mengajukan tawaran kepada Koeman.

"Tentu saja kami lebih senang jika klausul itu tidak digunakan sehingga kami bisa tetap bekerja bersama saat Euro," ucapnya

Lebih lanjut, Gudde memaklumi keputusan yang diambil Koeman. Terlebih, Koeman sudah dua kali menolak tawaran dari Barcelona dan tidak mungkin ia akan menolaknya yang ketiga kali.

"Kami menyesali keputusan Ronald, tapi kami hargai. Selama periodenya melatih timnas Belanda, dia menuai hasil yang sangat bagus. Dia menempatkan kembali kami ke peta sepakbola setelah tahun-tahun yang sulit. Kami sangat berterima kasih kepadanya," tuturnya.

Dengan kompensasi yang didapat dari Barcelona, KNVB mulai bergerak pelatih baru. Gudde tidak menutup kemungkinan bahwa De Oranje ditangani oleh pelatih asing.

"Saya pikir ini bukan tugas mudah. Kehati-hatian harus diutamakan ketimbang ketergesaan dalam mencari sosok pelatih timnas," jelas Gudde.

Baca Juga:

Resmi, Barca Tunjuk Ronald Koeman Jadi Pelatih 

Koeman Datang, Coutinho Temukan Masa Depan di Barcelona?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya