Apa Jadinya Barcelona Tanpa Lionel Messi?

Bintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Twitter: @BarcelonaUniversal

VIVA – Sudah 16 tahun Lionel Messi membela Barcelona. Dalam kurun waktu tersebut La Pulga menjadi sosok tak tergantikan di Camp Nou.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Total 33 trofi disumbangkan Messi untuk Barca. Di antaranya, 10 gelar LaLiga, empat Liga Champions, dan enam Copa del Rey.

Tak hanya itu, Messi juga tercatat sebagai top scorer sepanjang masa Barca dengan 634 gol dari 731 penampilan. Dia unggul jauh dari posisi kedua, Cesar Rodriguez Alvarez dengan catatan 232 gol.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Bintang Barcelona, Lionel Messi.

Bisa dibilang, Messi adalah Barcelona. Dan Barcelona adalah Messi. Messi juga mampu merebut sederet trofi individu bersama Barca, termasuk enam Ballon d'Or dan enam Sepatu Emas Eropa.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Musim 2019/20 lalu berakhir pahit untuk Messi. Barca gagal merebut satu gelar pun. Mereka tersingkir menyakitkan dari Liga Champions usai kalah 2-8 dari Bayern Munich.

Namun, sebenarnya Messi masih belum habis. Buktinya, dia masih keluar sebagai top scorer LaLiga dengan 25 gol.

Kabar mengejutkan datang Selasa 25 Agustus 2020 waktu setempat. Messi mengutarakan niatnya untuk meninggalkan Barca. La Pulga bahkan sudah mengirimkan surat resign dari Blaugrana.

Faks yang dikirimkan Messi kemudian terbongkar ke publik. Dilansir Tuttomercatoweb, Messi meminta undur diri mengacu pada haknya dalam klausul nomor 24. Terlihat juga ada tanda tangan dari sang pemain. 

"Melalui surat ini, saya Lionel Messi meminta agar kontrak saya yang dimiliki klub dihentikan. Ini berdasarkan klausur nomor 24 di mana saya memiliki wewenang tersebut," tulis Messi.

"Saya berterimakasih atas semua kesempatan yang diberikan kepada saya dalam pembentukan karier selama saya berbakti," lanjut dia. 

Beberapa klub pun mengantre mendapatkan tanda tangan Messi. Dari mulai Paris Saint-Germain, Manchester City, Inter Milan, Manchester United, hingga Chelsea.

Tugas berat tentunya menunggu Barca dan pelatih Ronald Koeman 2020/21 mendatang. Apa jadinya Barcelona tanpa Messi?

Baca juga:

Mulut Pedas Koeman yang Buat Messi Ingin Ceraikan Barca

Tinggalkan Barcelona, Jawaban Messi atas Tantangan Ronaldo

Bocor, Isi Surat Pengunduran Diri Messi dari Barcelona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya