Philippe Coutinho Jadi Aset Berharga Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho
Sumber :
  • twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Philippe Coutinho sudah bermain di dua laga awal LaLiga Barcelona. Dia kini diposisikan sebagai gelandang serang yang bertugas menopang kinerja trio pemain depan.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Posisi itu didapatkan Coutinho setelah Barcelona ditangani oleh Ronald Koeman. Peran yang jauh berbeda ketika tim asal Catalan diasuh Ernesto Valverde.

Baca juga: Barcelona Vs Juventus di Liga Champions Bikin Pjanic Dilema

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

Coutinho ketika itu ditugaskan Valverde bermain sebagai winger. Performanya tidak bisa maksimal, dan berujung dapat hujan kritik dari suporter sendiri.

Kemudian Barcelona mendepaknya dengan status pinjaman ke Bayern Munich. Sempat beredar kabar, di akhir musim lalu dia bakal dijual, tapi Koeman datang dan memilih untuk mempertahankannya.

5 Fakta Mengerikan Real Madrid Usai Juara LaLiga 2023/2024

Selalu memilih Coutinho jadi pemain inti di dua pertandingan awal LaLiga, Koeman ditanya mengenai perkembangannya. Menurut dia, secara kualitas, pemain asal Brasil itu memanglah bagus.

"Itu pertanyaan yang bagus, dan jawabannya sangat mudah. Dia pemain yang sangat bagus. Itu saja," ujar Koeman, dikutip dari Sport.

Dengan pengalamannya bermain di Liverpool dan Bayern, Coutinho amat dibutuhkan Barcelona. Koeman yakin, dengan memasang dia sebagai gelandang serang, peran maksimal bisa diperlihatkan.

"Dia pemain yang belajar banyak di Inggris, banyak juga di Bayern Munich. Tugas saya sebagai pelatih adalah mendapatkan yang terbaik dari setiap pemain," tutur Koeman.

"Dan itu dimulai dengan menempatkan mereka di posisinya. Saya pikir itu akan menghasilkan banyak kepercayaan diri," imbuh juru taktik asal Belanda itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya