6 Fakta Mengejutkan yang Jarang Diketahui soal Zinedine Zidane

Zinedine Zidane diangkat para pemain Real Madrid
Sumber :
  • yahoo

VIVA – Zinedine Zidane tidak diragukan lagi merupakan salah satu tokoh terbesar dalam sejarah sepakbola. Sudah banyak ulasan dan artikel yang membahas profil serta rekor pelatih Real Madrid asal Prancis yang kerap dipanggil Zizou ini.

Kylian Mbappe Akan Teken Kontrak Baru Bersama PSG dengan 3 Syarat

Tapi ada enam hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang sosok Zinedine Zidane. Dari statistik raihan trofi yang luar biasa sebagai pelatih Real Madrid hingga membintangi film dokumenter TV miliknya sendiri:

Berikut ini 6 fakta mengejutkan yang jarang diketahui tentang sosok Zidane:

PSG Musim Depan: Ada Duet Ronaldo-Messi, Pelatihnya Zidane

1. 1 Trofi Juara Setiap 19 Pertandingan

Photo :
  • twitter.com/realmadriden

Gelar juara LaLiga 2020 merupakan gelar ke-11 Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid hanya dalam tiga setengah musim, angka yang sangat luar biasa. Tercatata dia meraih sekitar satu trofi setiap 19 pertandingan.

Selain itu, ia belum pernah kalah dalam pertandingan knockout Liga Champions, dan merupakan satu-satunya pelatih yang memenangkan trofi Liga Champions tiga musim berturut-turut (2016, 2017, dan 2018).

8 Atlet Muslim Ternama di Dunia, Nomor 6 Asal Indonesia

Tapi dalam sebuah kesempatan, Zidane mengaku lebih senang bisa juara LaLiga ketimbang Liga Champions. "Liga Champions adalah Liga Champions, tetapi juara LaLiga membuat saya lebih bahagia karena LaLiga adalah tentang itu semua."

2. Pelatih Real Madrid Pertama asal Prancis

Photo :
  • twitter.com/realmadrid

Real Madrid memiliki banyak pemain Perancis sepanjang sejarah berdirinya klub. Mereka juga tercatat memiliki pelatih dari 16 negara berbeda. Tapi Zidane adalah orang Prancis pertama sebagai pelatih Real Madrid.

Dia pertama kali mengambil alih kursi pelatih Madrid pada Januari 2016, bertahan hingga Mei 2018, sebelum mengambil alih lagi jabatan itu pada Maret 2019. Dengan menjuarai LaLiga 2020, dia sudah memenangkan 11 trofi sebagai pelatih.

3. 1 Trofi Tersisa

Photo :
  • Marca

Zidane nyaris memenangkan hampir semua trofi juara yang bisa dimenangkan dalam dunia sepakbola. Mulai dari Piala Dunia dan Liga Champions hingga Ballon d'Or serta deretan gelar juara domestik lain. Cuma Copa del Rey yang belum.

Zidane selalu gagal juara Copa del Rey, baik sebagai pemain maupun pelatih. Zidane memang pernah memenangkan Copa del Rey pada 2014. Tapi itu sebagai asisten Carlo Ancelotti. Sebagai pelatih kepala, dia selalu gagal mengulanginya.

4. Anak-anaknya Mengikuti Jejaknya di Dunia Sepakbola

Photo :
  • Instagram/@luca

Zidane adalah ayah dari empat anak laki-laki, yang semuanya telah berkarier di dunia sepakbola. Enzo (Gelandang) saat ini menjadi bagian dari Almeria UD dan berpeluang promosi dari LaLiga SmartBank, divisi kedua Spanyol.

Luca (Penjaga gawang) saat ini berada di Rayo Vallecano, sementara Theo dan Elyaz dan masih di bawah umur dan masih menjadi bagian dari akademi muda di Los Blancos.

5. Orang Prancis Paling Populer Sepanjang Masa

Photo :
  • twitter.com/realmadriden

Dalam jajak pendapat tahun 2004 di surat kabar Prancis terkemuka Le Journal du Dimanche, Zidane terpilih sebagai orang Prancis paling populer sepanjang masa. Jajak pendapat tersebut tidak terbatas pada bintang olahraga tetapi juga mempertimbangkan semua tokoh masyarakat.

Dengan popularitas dunia sepak bola, membuat Zidane lebih unggul dari tokoh ikonik lainnya. Zidane menjelaskan bahwa dia bangga dengan bagaimana seseorang dari latar belakang imigran dapat menjadi yang teratas dalam jajak pendapat semacam itu. Dia menyoroti pentingnya kerukunan rasial di Prancis modern.

6. Zidane Bintangi Film Dokumenter Sendiri

Photo :
  • FIFA

Pada 2006, Zidane menjadi bintang film dokumenter Prancis tentang dirinya sendiri yang berjudul 'Un Portrait Du 21e Siecle' (Zidane, potret abad ke-21). Film yang sangat unik ini memperlihatkan seorang kru film memfokuskan 17 kamera pada orang Prancis itu selama keseluruhan pertandingan Real Madrid melawan Villarreal pada tahun 2005.

Tapi bukan itu saja yang Zidane lakukan di dunia film; dia juga membintangi film seperti Goal! II (2007) bersama para legenda seperti Sergio Ramos, David Beckham dan Thierry Henry, serta film Asterix di Olimpiade (2008).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya