Lionel Messi Kasih 5 Syarat Setia di Barcelona, Ampun Bang Jago

Megabintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Marca

VIVA – Lionel Messi ternyata belum tentu mau bertahan di Barcelona, meski Josep Maria Bartomeu sudah mundur dari jabatan sebagai Presiden Klub. Ada beberapa kondisi atau syarat yang harus terpenuhi agar Messi mau bertahan di Camp Nou hingga pensiun nanti.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Sosok Presiden baru Barcelona jadi yang paling prioritas. Messi mau tahu, siapa Presiden anyar Barcelona dan seberapa kuat keinginannya mengembangkan tim dengan politik transfer dan metode pembinaan di level usia dini.

Kedua, dilansir Marca, Messi mau mengenal Direktur Olahraga yang baru. Jabatan yang cukup sentral di Barcelona, karena memang terkait langsung dengan tim.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Pun, belakangan Messi memiliki riwayat kurang bagus saat harus berurusan dengan Direktur Olahraga. Masih segar dalam ingatan bagaimana Messi berseteru dengan Direktur Olahraga sebelumnya, Eric Abidal.

Beberapa kali, Abidal menyebut Messi dan kawan-kawan jadi biang keladi atas keterpurukan Barcelona. La Pulga marah karena ucapan Abidal telah melukai seluruh pemain Barcelona.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Mereka terlibat perdebatan bukan cuma sekali, tapi dalam beberapa kesempatan. Hingga akhirnya, Abidal dipecat setelah Barcelona kalah 2-8 dari Bayern Munich di Liga Champions musim lalu. Ada pun, penggantinya, Ramon Planes, begitu hati-hati saat berurusan dengan Messi.

Messi juga mau tahu siapa pelatih Barcelona selanjutnya. Apakah Ronald Koeman dipertahankan atau tidak, mengingat jabatan pelatih di Barcelona terlalu rapuh dan bisa digoyang atas alasan politis.

Photo :
  • Independent

Ya, posisi Koeman, meski sudah dikontrak dua tahun, tetap saja tak aman. Sempat ada selentingan, Koeman akan dipecat tahun depan, setelah Presiden baru Barcelona ditemukan, karena ada kandidat lain yang dirasa lebih pas.

Rencana transfer juga menjadi salah satu pertimbangan Messi bertahan. Beberapa keputusan transfer Barcelona telah menyakiti Messi, termasuk ketika Luis Suarez dijual.

Dan yang terakhir, performa pribadinya. Messi sadar diri, di usia yang sudah memasuki kepala tiga, performanya sudah tak lagi prima. Dia akan mengevaluasi diri, apakah masih layak bertahan di Barcelona dengan performanya itu.

Performa tim juga jadi pertimbangan, karena Messi butuh rekan-rekan yang mendukungnya di atas lapangan agar bisa mengeluarkan potensi terbaiknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya