Kata Messi, Guardiola dan Luis Enrique Pelatih Terbaik Barcelona

Megabintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Lionel Messi telah berseragam Barcelona selama 16 tahun. Megabintang asal Argentina itu sudah pernah bermain di bawah arahan berbagai pelatih, di antaranya Frank Rijkaard, Pep Guardiola, Tito Vilanova, Luis Enrique, Gerardo Martino, Quique Setien, dan saat ini Ronald Koeman.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Sejumlah trofi juga sudah Messi persembahkan, total ada 35 gelar yang telah dimenangkannya bersama El Barca. Messi pun kini mengungkapkan siapa sosok pelatih terbaik selama dirinya berada di Camp Nou. Bukan cuma satu, namun ada dua nama, yaitu Pep Guardiola dan Luis Enrique.

Photo :
  • DAYLIFE
Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"Pep Guardiola memiliki hal spesial dalam dirinya. Dia membuat Anda melihat segala sesuatu dari satu arah. Bagaiman dia mempersiapkan pertandingan, caranya meminta para pemain untuk menyerang dan bertahan juga luar biasa," kata Messi, seperti dikutip Marca, Minggu 27 Desember 2020.

"Dia selalu mengatakan pada setiap pemain bagaimana laga nanti berjalan. Maka dari itu, Anda dipaksa untuk terus menyerang agar bisa memenangkan pertandingan," ucapnya.

5 Fakta Menarik PSG Usai Permalukan Barcelona di Liga Champions

Selain Guardiola, Messi juga menyebut nama Luis Enrique. Pelatih yang kini menukangi tim nasional Spanyol itu juga menjadi salah satu juru taktik Barcelona yang dirinya tumbuh menjadi seorang pemain besar.

Photo :
  • Twitter/@FCBarcelona

"Saya merasa beruntung bisa bermain di bawah arahan Pep dan Luis Enrique. Mereka adalah dua pelatih terbaik. Pernah dilatih kedunya membuat saya tumbuh, baik secara fisik maupun mental. Mereka juga mengajari saya berbagai taktik dan strategi," ujarnya.

Messi saat ini masih menjadi andalan Barcelona di lini depan. Di musim 2020/2021, penyerang berusia 33 tahun itu sudah mencatatkan 18 penampilan dengan mencetak 10 gol dan 5 asisst di semua kompetisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya