Bermodal Nostalgia Sukses, Bisa Apa Presiden Baru Barcelona?

Joan Laporta
Sumber :
  • instagram

VIVA – Barcelona sudah memiliki pemimpin baru. Dalam pemilihan pada Minggu kemarin, 7 Maret 2021, Joan Laporta dinyatakan keluar sebagai pemenang.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Laporta mendapatkan dukungan 54,3 persen, dari total 55.611 voters. Dia mengalahkan dua pesaing lain, Victor Font dan Toni Freixa.

Sosok pria satu ini memang sudah tidak asing bagi Barcelona. Dia sebelumnya juga pernah memangku jabatan serupa, mulai dari 2003 sampai 2010.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Catatan Laporta selama menjadi orang nomor satu di Camp Nou juga tidak main-main. Dia berhasil memberikan empat gelar LaLiga serta dua Liga Champions.

Photo :
  • Sky Sport
Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Tidak cuma itu, ketika di bawah kendali Laporta Barcelona selama bertahun-tahun menjelma menjadi tim yang mengerikan bagi musuh-musuhnya. Dari skuad saja mereka sudah mampu bikin musuh gentar karena dihuni banyak pemain nomor wahid, sebut saja Ronaldinho, Samuel Eto'o, serta Carles Puyol.

Bersama Laporta juga Barcelona pada 2008 lalu sukses mencetat sextuple. Dia punya andil besar karena memberikan kepercayaan kepada pelatih muda kala itu, Pep Guardiola, dan langsung meraih sukses besar.

Namun sekarang situasinya tidak sama. Laporta akan menghadapi kendala besar di Barcelona, mulai dari situasi tim yang tak menentu, pelemik kontrak Messi, dan paling menyeramkan adalah menyelamatkan kondisi keuangan klub di tengah pandemi seperti sekarang.

Photo :
  • Marca

Dari awal mengumumkan maju dalam pemilihan, Laporta sudah berani mengumbar janji soal Messi. Dia begitu yakin mampu membujuk La Pulga yang kontraknya selesai pada Juni 2021 ini untuk bertahan.

Laporta mengaku tahu soal Messi luar dalam, sehingga akan lebih mudah melakukan pendekatan kepada sang jagoan. Dan usai terpilih, dia mengaku akan langsung bicara dengan penyerang asal Argentina tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya