On This Day: Aksi Culas Lionel Messi Tiru Gol Tangan Tuhan Maradona

Gol Tangan Tuhan Lionel Messi.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Megabintang Barcelona, Lionel Messi kerap dibandingkan dengan Diego Maradona. Messi dianggap memiliki skill cemerlang yang mirip dengan Maradona.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Bahkan, Messi pernah melakukan aksi curang mirip dengan Maradona. Ya, Messi pernah membuat gol Tangan Tuhan, mirip dengan yang dilakukan Maradona di Piala Dunia 1986.

Dilansir Sport Bible, momen tersebut terjadi saat Barca melawan Espanyol di Camp Nou dalam lanjutan LaLiga, 9 Juni 2007. Kala itu, Barca tengah bersaing ketat dengan Real Madrid dalam perburuan gelar.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Barca tertinggal lewat gol Raul Tamudo di menit 30. Memasuki menit 43, Messi melakukan apa yang pernah dilakukan Maradona.

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Messi mencetak gol dengan tangannya. Wasit yang memimpin laga tak melihat aksi culas tersebut. Kedudukan imbang 1-1.

Messi membuat Barca berbalik unggul lewat golnya di menit 57. Espanyol menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol kedua Tamudo di menit 90.

Sementara itu, Maradona mencetak gol dengan tangan saat Argentina melawan Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986. Gol tersebut membantu Argentina menang 2-1 di  Azteca Stadium, Mexico City, 22 Juni 1986.

Di menit 51, Maradona memperdaya kiper Inggris, Peter Shilton. Tangannya mengenaiKarena posturnya lebih tinggi, Shilton sangat yakin bisa menjangkau bola. Namun, tiba-tiba Maradona melompat, tangannya dengan nakal menyentuh bola dan gol terjadi.

Wasit kala itu, Ali Bennaceur, mengesahkan gol Maradona, disambut dengan protes para pemain Inggris. Tapi, Bennaceur didukung oleh hakim garis yang menyatakan aksi Maradona sah.

Usai laga, Maradona menyebut bahwa gol tersebut sedikit dicetak dengan kepalanya dan bagian lainnya dengan Tangan Tuhan. Hingga kini, istilah gol Tangan Tuhan melekat pada gol itu.

"Sekarang, saya bisa bilang apa yang tak bisa saya katakan saat itu, yang disebut-sebut sebagai Tangan Tuhan. Tangan Tuhan yang luar biasa, itu tangan Diego!" ungkap Maradona dalam otobiografinya, Yo soy el Diego. 

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya