Messi dan Barcelona Resmi Berpisah, Ini Penyebabnya

Megabintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Marca

VIVA – Barcelona mengumumkan secara resmi bahwa Lionel Messi tidak akan memperpanjang kontraknya.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Dalam pernyataanya, Barca mengungkapkan penyebab berakhirnya era sang megabintang di Camp Nou.

Sejatinya, Barca dan Messi telah mencapai kesepakatan dan rencana yang jelas untuk menandatangani kontrak baru, Kamis 5 Agustus 2021 waktu setempat.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi lantaran hambatan finansial dan struktural atau regulasi LaLiga. Hambatan finansial yang dimaksud adalah Barca saat ini telah melebihi batas gaji pemain.

Peraturan batas gaji diberlakukan tak lepas karena pandemi COVID-19 yang membuat klub-klub LaLiga mengalami krisis finansial.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Sejak pandemi melanda, para klub tak lagi mendapatkan pemasukan dari tiket pertandingan usai laga digelar tanpa penonton sejak Juni tahun lalu.

LaLiga pun mengambil langkah konkret agar krisis tak menyebabkan masalah besar bagi klub. Mereka memberlakukan aturan pembatasan gaji sejak musim 2020/2021.

Pembatasan gaji untuk satu klub dengan yang lainnya berbeda. Ini karena setiap klub punya anggaran gaji yang berbeda-beda pula.

Nah, untuk musim ini Barcelona punya batasan anggaran gaji senilai £138 juta (Rp2,7 triliun), menurut laporan The Athletic.

Jumlah ini kurang dari seperempat batas gaji mereka musim 2019/2020 di angka £579 juta. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi untuk sebuah klub olarahaga.

Pengurangan besar batas gaji itu karena Barcelona saat ini berada dalam kesulitan keuangan. Awal tahun ini, outlet media Catalan La Vanguardia mengklaim utang klub sudah ada di luar kendali.

Barcelona menutup tahun 2020 dengan utang yang menggunung, yakni mencapai 1,173 miliar euro atau sebesar Rp20,13 triliun.

Padahal, pada akhir musim 2019-2020 atau pertengahan 2020, utang Barcelona masih menyentuh angka 488,4 juta euro atau sekitar Rp8,38 triliun.

Alhasil, Barca tidak punya pilihan lain, selain secara signifikan mengurangi semua pengeluaran mereka, termasuk memangkas gaji sebagian besar skuad utama mereka.

Untuk mematuhi peraturan yang diberlakukan oleh LaLiga, Barca harus memangkas sekitar £169 juta dari pengeluaran gaji mereka saat ini sebelum musim baru dimulai.

Alhasil, sampai klub melakukan penghematan besar, Barcelona cuma punya dua pilihan. Mereka tidak akan bisa memperpanjang kontrak Messi, atau membatalkan kontrak dari empat pemain baru yakni Sergio Aguero, Memphis Depay, Eric Garcia, dan Emerson Royal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya