Ditinggal Messi, Keuangan Barcelona Diprediksi Akan Semakin Buruk

Para pemain Barcelona merayakan kemenangan
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA – Selain pergolakan dalam aspek olahraga yang sentimental, kepergian Lionel Messi dari Barcelona akan memukul klub secara finansial. Karena kenyataan hidup nan pahit tanpa kehadiran pemain terhebat dunia itu kini mulai menghantam.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Seperti dilansir laman olahraga Spanyol, Marca, Rabu 11 Agustus 2021, Blaugrana diprediksi harus bertindak cepat dan cerdas untuk memerangi efek dari langkah yang telah melihat penurunan nilai merek mereka sebesar 11 persen.

Pendekatan klub untuk hubungan komersial dan kesepakatan harus berubah. Pasalnya, mereka tidak bisa lagi mengandalkan Messi untuk membuat sponsor senang dan tertarik menjalin kerjasama.

Barcelona dan PSG Boikot TV Spanyol, Langsung Minta Maaf

"Mulai sekarang, untuk mempertahankan sponsor, penampilan tim akan lebih penting daripada nama, tetapi jelas bahwa kepergian Messi akan memiliki konsekuensi bagi klub dalam hal sponsor," kata Marc Ciria, pakar keuangan Barcelona dan manajer di Inversi Diagonal.

"Sekarang mereka harus memenangkan beberapa Liga Champions. Satu wajah tidak akan cukup untuk mereka lagi."

Pemain Barcelona Akan Selalu Bersama Xavi Sampai Mati

Ciria menekankan, tanpa Messi, citra Barca telah berubah untuk sponsor dan strategi yang berbeda akan diperlukan, dengan memenangkan trofi menjadi lebih penting. "Prestasi olahraga akan menjadi kunci untuk mempertahankan sponsor."

"Messi memberi mereka sebuah cerita dan sekarang mereka dibiarkan tanpa itu. Dalam jangka menengah mereka harus beralih ke tokoh lain dari La Masia, seperti Ansu Fati, bahkan andai pun mereka tidak berada di level Messi."

Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona

Photo :
  • Barcelona

Ini adalah ironi yang menyakitkan bagi klub Catalan bahwa keuangan mereka tidak memungkinkan mereka untuk mempertahankan Lionel Messi. Namun kehilangan Messi akan membuat situasi Barcelona semakin buruk.

Messi diperkirakan berperan besar menghasilkan sepertiga dari pendapatan langsung dan tidak langsung Blaugrana. Situasi ini akan menjadi tantangan besar bagi presiden Barcelona Joan Laporta mempertahankan pendapatan klub dari sponsor, sebesar 180 juta euro per tahun.

Target presiden mempertahankan angka itu selama dua tahun dan kemudian pada tahun ketiga jabatannya meningkatkannya menjadi 200 juta euro. Target yang sangat penting tetapi melakukannya tanpa Messi merupakan misi yang mustahil.

Ciria juga mengungkapkan, beberapa sponsor Barca memiliki "klausul Messi" yang dapat membuat mereka mengurangi atau menarik investasi mereka tanpa kehadiran bintang Argentina itu. Tapi, itu diprediksi tidak terjadi dalam jangka pendek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya