Biografi Cristiano Ronaldo, Mulai dari Masa Kecil yang Tak Terungkap

Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • twitter.com/Cristiano

VIVA – Biografi Cristiano Ronaldo harus diketahui oleh semua penggemar bola. Karena, Ronaldo sering dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik dunia yang penampilannya selama lebih dari satu dekade sangat memukau.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Dilansir dari dailyactive.info Ronaldo dibesarkan di Madeira, Portugal, tetapi setelah lulus dari akademi muda di Sporting CP, dia langsung direkrut oleh klub Inggris Manchester United setelah bakatnya sebagai pemain sayap ditemukan oleh manajer legendaris mereka Sir Alex Ferguson.

Di Manchester United, ia bertahan selama enam tahun dan di sanalah ia kemudian mengasah permainannya sebagai pemain sayap yang terampil, cepat, dan mematikan. Ia juga bisa mencetak gol dan menciptakan peluang untuk rekan satu timnya.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Ronaldo banyak memenangkan trofi saat bergabung dengan Manchester United dan juga semakin bersinar untuk Portugal sebelum dia memutuskan untuk pindah ke Real Madrid sebagai pemain termahal di dunia.

Di Real Madrid Ronaldo sudah memecahkan rekor gol paling penting yang sudah bertahan selama bertahun-tahun. Ronaldo juga kapten tim nasional Portugal dan membawa mereka ke semifinal Kejuaraan Eropa pada tahun 2012. Dia juga telah memenangkan banyak penghargaan individu yang semakin mengukuhkan statusnya sebagai salah satu pesepakbola utama dunia.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Lalu, Bagaimana Biografi Cristiano Ronaldo

Masa Kecil & Kehidupan Awal

Cristiano Ronaldo berlatih bersama Manchester United.

Photo :
  • instagram.com/manchesterunited

Biografi Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir tanggal 5 Februari 1985 di Madeira, Portugal, dari pasangan Jose Dinis Aveiro dan Maria Dolores dos Santos Aveiro. Ayah Ronaldo berprofesi sebagai tukang kebun sedangkan sang ibu bekerja sebagai juru masak.

Ronaldo merupakan anak terakhir di antara empat bersaudara dan memiliki kakak seorang putra serta dua putri. Ketika sekolah, Ronaldo pernah dikeluarkan karena menyerang gurunya dengan melemparkan kursi ke arahnya.

Setelah itu, ia mulai menjajaki dunia sepak bola sampai pada usia 14 tahun dia memutuskan untuk lebih konsentrasi menjadi seorang pemain sepak bola. Ronaldo telah bermain untuk Androrinha sejak dia berusia delapan tahun.

Pada tahun 1995, Cristiano Ronaldo bergabung dengan klub 'Nacional' yang terletak di kota kelahirannya Madeira dan mengikuti pertunjukan baiknya untuk mereka. Ia bergabung dengan salah satu klub terbesar di Portugal, yaitu, 'Sporting CP' setelah menyelesaikan percobaan.

Perjalanan Karier Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Biografi Cristiano Ronaldo dilanjutkan dengan perjalanan kariernya. Dadilyactive.info menyatakan bahwa bakat sepak bola yang dimilikinya sudah sangat terlihat. Hal ini terbukti ketika Cristiano Ronaldo bermain untuk semua level, yaitu U-16, U-17, U-18, B-team, dan tim utama sebelum lolos bergabung ke tim senior pada tahun 2002.

Ronaldo kemudian mencetak dua gol ketika debut liga dan mengumumkan kedatangannya ke kancah internasional. Eksploitasi Ronaldo untuk Sporting CP membuat dirinya menjadi semakin dikenal dan beberapa klub terbesar di Inggris seperti Liverpool, Arsenal dan Manchester United mulai merayu Ronaldo untuk bergabung dengan mereka.

Pada tahun 2003, Cristiano Ronaldo bermain di Liga Champions UEFA melawan Manchester United. Manajer klub Manchester United, Sir Alex Ferguson terkesan dengan penampilan Ronaldo di lapangan. Sampai akhirnya, ia membawa Ronaldo ke klub di tahun yang sama.

Pada musim pertama di Machester United, Cristiano Ronaldo mencetak tiga gol di liga dan mencetak gol di final Piala FA untuk membantu klub tersebut supaya memperoleh trofi. Setahun setelahnya, Ronaldo mencetak dua gol lagi pada Kejuaraan Eropa untuk Portugal ketika tim tersebut berakhir sebagai runner up di kandang sendiri.

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain paling penting Manchester United selama enam tahun di klub dan selama waktu itu, Manchester United menjadi salah satu klub paling sukses di Eropa. Karena memenangkan tiga gelar liga serta Liga Champions UEFA di 2008.

Ronaldo mencetak 84 gol untuk klub dalam 196 pertandingan liga serta menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Pada Piala Dunia 2006, Cristiano Ronaldo adalah bagian integral dari tim nasional Portugal saat mereka mencapai semifinal turnamen.

Ronaldo mencetak satu gol di turnamen tersebut. Tahun berikutnya ia diangkat sebagai kapten tim nasional tetapi di Kejuaraan Eropa yang diikuti tahun berikutnya. Tapi, ia hanya mencetak satu gol saat tim tersingkir di perempat final.

Pada tahun 2009, Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal di dunia setelah klub raksasa Spanyol, Real Madrid membayar Manchester United £80 juta untuk membawa Ronaldo ke Madrid. Dia mencetak 33 gol di musim pertamanya.

Pada musim berikutnya ia mengakhiri musim liga Spanyol dengan 40 gol, yang menjadi rekor dalam sejarah liga dan membantu Real Madrid memenangkan Copa del Rey. Pada tahun 2012, dia merupakan inspirasi utama untuk tim ketika ia mencetak tiga gol untuk memimpin tim ke semifinal Kejuaraan Eropa.

Di tahun yang sama, Cristiano Ronaldo membantu Real Madrid untuk memenangkan gelar liga Spanyol. Hal ini terbukti dan menjadi gelar liga pertamanya bersama Real Madrid. Ronaldo mencetak 60 gol di semua kompetisi di musim ini ketika Real Madrid meraih gelar dengan 100 poin.

Musim yang dimulai pada tahun 2013 sangat spesial bagi Ronaldo saat ia mencetak 51 gol yang mengejutkan di musim ini dan pada saat yang sama membantu Real Madrid memenangkan gelar Liga Champions UEFA ke-10 yang sangat mereka inginkan.

Pada Liga Champions, Ronaldo kembali mencetak 17 gol yang menjadikannya pencetak gol terbanyak dalam satu musim turnamen. Secara keseluruhan, ia mempunyai total 89 gol di turnamen tersebut.

Kemudian Piala Dunia 2014, Cristiano Ronaldo menjalani turnamen yang mengecewakan karena Portugal tersingkir di babak pertama dengan dia hanya mencetak satu gol. Dia telah mencetak 50 gol untuk Portugal dalam karirnya dan itu adalah yang tertinggi untuk setiap pemain Portugal.

Di musim liga yang dimulai tahun itu, Ronaldo dalam performa yang luar biasa dengan total 61 gol dan juga menjadi pemain tercepat yang mencapai tonggak 200 gol di liga Spanyol. Dia mencapainya dalam 178 pertandingan.

Beberapa Penghargaan & Prestasi

Cristiano Ronaldo saat di MU periode 2003-2009

Photo :
  • Sky Sport
  1. Cristiano Ronaldo dianugerahi Ballon D'Or (kemudian dikenal sebagai FIFA World Player of the Year Award) pada tahun 2008, ketika ia masih menjadi pemain Manchester United. Total ia telah menerima lima penghargaan tersebut.
  2. Pada tahun 2013, Ronaldo memenangkan Penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA, bahkan ia juga memenangkannya lagi di tahun berikutnya.
  3. Cristiano Ronaldo memegang rekor untuk pencetak gol terbanyak dalam sejarah Real Madrid dengan total 338 gol.
  4. Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol tertinggi yang pernah ada di Liga Champions UEFA dengan 89 gol sampai saat ini.

Kehidupan Pribadi

Cristiano Ronaldo.

Photo :
  • Marca

Biografi Cristiano Ronaldo menyatakan bahwa ia telah menjalin hubungan dengan selebriti seperti Gemma Atkinson dan Alice Goodwin, keduanya model di Inggris. Putra Ronaldo lahir pada 17 Juni 2010 dan diberi nama Cristiano. Namun, Ronaldo belum membeberkan identitas ibunda anaknya tersebut.

Ronaldo menjalin hubungan romantis dengan super model Rusia Irina Shayk selama lima tahun dari 2010 hingga 2015. Selain itu, Ronaldo juga tetap menjadi atlet paling populer di dunia dengan 322 juta pengikut media sosial.

Perkiraan Kekayaan Ronaldo

Cristiano Ronaldo diperkirakan memiliki kekayaan bersih $310 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya