On This Day: Banjir Gol di Pembukaan Camp Nou

Pemain Barcelona di Camp Nou.
Sumber :
  • twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Pada 24 September 1957, Barcelona meresmikan stadion baru mereka Camp Nou dengan menggelar pertandingan persahabatan. Hujan gol tercipta di laga tersebut, setelah Barcelona meraih kemenangan 4-2 atas tim seleksi Warsawa.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Barcelona vs PSG di Liga Champions

Pembangunan Camp Nou dimulai pada 28 Maret 1954 karena stadion Barcelona sebelumnya, Camp de Les Corts, tidak memiliki ruang untuk perluasan. Perekrutan László Kubala pada Juni 1950, yang dianggap sebagai salah satu pemain terbesar Barcelona, memberikan dorongan lebih lanjut untuk pembangunan stadion yang lebih besar.

Dibangun selama 3,5 tahun dengan biaya 288 juta peseta (setara dengan 1,73 miliar euro), nama asli stadion ini sebenarnya adalah Estadi del FC Barcelona. Tapi sejak awal, stadion baru ini lebih populer dikenal sebagai Camp Nou (Markas Baru). Pada akhirnya, Barcelona secara resmi mengadopsi nama itu untuk stadion mereka pada tahun 2000.

Barcelona dan PSG Boikot TV Spanyol, Langsung Minta Maaf

Dalam peresmian tersebut, hadir lebih dari 90.000 penonton untuk pertandingan persahabatan melawan para pemain dari Warsawa. Beberapa pejabat hadir, termasuk Uskup Agung Barcelona yang memberkati stadion baru itu.

Di laga persahabatan ini, hanya butuh sebelas menit bagi tim tuan rumah untuk unggul, lewat striker Eulogio Martínez yang mencetak gol pertama. Barcelona mendapat tambahan gol dari Tejada, Sampedro, dan Evaristo untuk menang 4-2.

Pemain Barcelona Akan Selalu Bersama Xavi Sampai Mati

Dengan kapasitas tempat duduk 99.354, Camp Nou adalah salah satu stadion terbesar di Spanyol dan Eropa, dan stadion sepakbola terbesar keempat di dunia dalam hal kapasitas.

Camp Nou telah menjadi tuan rumah dua final Piala Eropa/Liga Champions pada tahun 1989 dan 1999, 2 final Piala Winners Eropa, 5 pertandingan Piala Super UEFA, 4 final Copa del Rey, 2 final Copa de la Liga , dan 21 final Supercopa de Espana.

Camp Nou juga menjadi tuan rumah 5 pertandingan di Piala Dunia FIFA 1982, termasuk pertandingan pembukaan, dua dari empat pertandingan di Piala Eropa 1964, dan final turnamen sepakbola di Olimpiade Barcelona 1992. On This Day

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya