Laporta Ungkap Dampak Besar Xavi di Barcelona

Xavi Hernandez
Sumber :
  • instagram

VIVA – Xavi Hernandez sudah menjalani tiga laga sebagai pelatih Barcelona. Hasilnya, Blaugrana belum terkalahkan. Memang belum sempurna, Barca cuma menang sekali dan dua kali imbang.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Barcelona vs PSG di Liga Champions

Meski begitu, Xavi dinilai telah memberikan dampak besar bagi Barca. Dia juga dianggap telah mengembalikan DNA Barcelona dengan pola 4-3-3.

Hal tersebut diungkap oleh Presiden Barcelona, Joan Laporta. Kedatangan Xavi, kata Laporta telah mengembalikan cinta dan suasana hangat di ruang ganti tim.

Barcelona dan PSG Boikot TV Spanyol, Langsung Minta Maaf

"Xavi membawa harapan dan keceriaan. Saya bisa merasakan atmosfernya di ruang ganti," kata Laporta, dikutip Marca.

Selain itu, Laporta menyebut pemain Barcelona saat ini lebih kompak dan saling mengenal karateristik satu sama lain. Bukan hanya itu, Xavi turut meluangkan waktu untuk membuka pintu kepada setiap pemain.

Pemain Barcelona Akan Selalu Bersama Xavi Sampai Mati

"Dia adalah seorang legenda dan idola di klub ini. Xavi sangat dihormati, begitu pula sebaliknya para pemain yang terbuka kepadanya," ungkap Laporta.

Xavi resmi menjadi pelatih Barcelona 5  November 2021. Legenda Barcelona itu pun meninggalkan klub lamanya, Al-Sadd, sebagai pelatih.

Xavi pun mengaku menjadikan Josep Guardiola sebagai panutan. Guardiola adalah mantan pelatih Barcelona pada 2008-2012. Guardiola terbilang sebagai pelatih yang sukses di Barcelona dengan banyak gelar yang diraihnya, dan menjadikan Barcelona sebagai tim yang ditakuti baik di LIga Spanyol maupun pentas Eropa. Xavi kini diharapkan penggemar untuk mengangkat performa buruk timnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya