5 Pembelian Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah

Trio penyerang Barcelona, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA Bola - Barcelona telah resmi mendatangkan Raphinda dari Leeds United dengan harga yang fantastis yaitu 55 juta poundsterling atau setara dengan Rp979 miliar. Pemain berusia 25 tahun tersebut akan mendapatkan kontrak selama lima tahun kedepan.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Barcelona yang lebih kenal dengan akademinya yang sangat luar biasa atau yang terkenal disebut La Masia. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona lebih banyak mengeluarkan uang untuk mendatang pemain yang terbilang sangat mahal.

Akademi Barcelona atau La Masia telah melahirkan bintang-bintang sepakbola ternama, seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Fabregas, dan lain-lainnya. Namun kini Barcelona lebih memilih pemain yang instan.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Setelah resmi mendatangkan Raphinha, Barcelona akan mendatang Robert Lewandowski dari Bayern Munich dengan harga yang fantastis yaitu 50 juta euro atau setara dengan Rp753 miliar hanya untuk pemain yang usianya sudah tidak muda lagi yaitu 33 tahun.

Berikut beberapa pemain yang dibeli Barcelona dengan harga yang fantastis, seperti dilansir dari Football Transfers, sebagai berikut:

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

1. Philippe Coutinho - Rp2,4 Triliun

Gelandang serang Barcelona, Philippe Coutinho

Photo :

Setelah kepergian Neymar ke PSG, Barcelona mencari pengganti yang cocok untuk pemain Brasil tersebut. Barcelona tertuju pada Philippe Coutinho yang didatangkan langsung dari Barcelona dengan harga 160 juta euro atau setara dengan Rp2,4 triliun termasuk dengan bonus.

Langkah Barcelona mendatangkan Philippe Coutinho menjadi bencana, ia gagal memberikan permainan terbaiknya ditambah dengan cedera yang menimpanya sehingga ia lebih sering berada di bangku cadangan.

Kemudian Philippe Coutinho dipinjamkan ke Bayern Munich, namun pemain asal Brasil tersebut gagal memberikan penampilan terbaiknya. Setelah itu Barcelona meminjamkan kembali ke Aston Villa dimana klub tersebut dilatih oleh Steven Gerrard.

2. Ousmane Dembele - Rp2,1 Triliun

Winger Barcelona, Ousmane Dembele

Photo :
  • Instagram/@o.dembele7

Setelah gagal dengan Philippe Coutinho, sekarang Barcelona membeli Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund dengan harga 145 juta euro atau setara dengan Rp2,1 triliun dan ia menempati posisi kedua sebagai pemain termahal yang pernah dibeli oleh Barcelona.

Ousmane Dembele tampil sangat luar biasa ketika bermain di Borussia Dortmund sehingga membuat banyak peminat dari banyak klub termasuk Barcelona yang berhasil mendatangkannya ke Camp Nou.

Namun ketika bermain untuk Barcelona, Ousmane Dembele malah kesulitan bermain dan malah dihantam badai cedera, sehingga ia lebih banyak berada di bangku cadangan. Ketika ia sembuh dari cedera dan bermain lagi bersama Barcelona, lagi-lagi cedera yang dialami oleh pemain asal Prancis tersebut kambuh kembali.

3. Antoine Griezmann - Rp1,8 Triliun

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann

Photo :
  • Instagram/@fcbarcelona

Barcelona mendatangkan Antoine Griezmann pada 2019 dengan harga 120 juta euro atau setara dengan Rp1,8 triliun dari Atletico Madrid. Pemain asal Prancis tersebut untuk menggantikan sosok dari Luis Suarez yang dijual Barcelona ke Atletico Madrid.

Setelah bergabung dengan Barcelona, lagi-lagi uang tidak bisa berbicara banyak, Antoine Griezmann tampil jauh dari yang diharapkan, ia kesulitan bermain bersama Lionel Messi cs. Setelah itu Antoine Griezmann dipinjam ke ke klub lamanya yaitu Atletico Madrid.

4. Neymar - Rp1,2 triliun

Neymar saat masih membela Barcelona bersama Lionel Messi

Photo :
  • Mirror.co.uk

Dari ketiga pemain yang disebutkan diatas. Pembelian Neymar termasuk paling sukses meskipun harus mengeluarkan dana sebesar 86 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun yang dibeli dari klub asal Brasil, Santos pada 2013.

Pada musim perdananya Neymar tampil cukup gemilang untuk pemain yang pertama kali bermain di Eropa. Namun pada musim keduanya ia tercatat telah mencetak 39 gol dari 51 pertandingan saat Barcelona meraih treble winner yaitu, juara Copa Del Rey, juara Laliga dan juara Liga Champions.

Secara total Neymar setelah mencetak 105 gol dan 76 assist dari 186 pertandingan bersama Barcelona dan meraih enam trofi. Namun pada akhirnya Neymar bergabung dengan PSG pada 2017 dengan harga 222 juta euro atau setara dengan Rp3,3 triliun dan menjadikan pemain paling mahal di dunia.

5. Luis Suarez - Rp1,2 triliun

Penyerang Barcelona, Luis Suarez

Photo :
  • Instagram/@luissuarez9

Barcelona mendatangkan Luis Suarez pada 2014 dari Liverpool dengan harga yang cukup fantastis yaitu 82 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Pemain asal Uruguay tersebut dikontrak selama lima musim kedepan plus perpanjang kontrak satu musim.

Setelah enam musim bersama Barcelona, ia tercatat telah mencetak 195 gol dan 113 assist dari 283 pertandingan di semua kompetisi. Selama berseragam Barcelona, ia telah meraih banyak trofi empat trofi LaLiga, empat trofi Copa Del Rey dan satu trofi Liga Champions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya