Peraih Ballon d'Or dari Barcelona Jadi Pemain Terbaik Catalunya 2022

Alexia Putellas
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bola – Peraih Ballon d'Or dari Barcelona, Alexia Putellas terpilih menjadi pemain terbaik Catalunya 2022. Ini tak lepas dari performa dia musim ini.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Alexia yang berposisi sebagai gelandang di tim wanita Barcelona dianggap sebagai yang terbaik di tahun ini. Penilaian diberikan oleh perwakilan media.

Catalunya memiliki sejumlah pesepakbola wanita yang berkualitas. Alexia masih jadi yang terbaik, mengalahkan Aitana Bonmati dan Ona Batlle.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Alexia Putellas

Photo :
  • AP Photo/Francois Mori

Dari pemungutan suara yang dilakukan, Alexia mendapatkan 51,2 persen. Sementara di urutan kedua ada Bonmati dengan 46,3 persen, dan Batlle dengan 2,5 persen suara.

Prediksi Pertandingan Premier League: Arsenal vs Chelsea

Alexia yang menjadi andalan tim wanita Barcelona memang menyedot perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Dia dua kali mendapatkan Ballon d'Or.

Dari kategori pesepakbola pria, yang terpilih menjadi pemain terbaik Catalunya 2022 adalah Marc Cucurella. Pemain asal klub Chelsea tersebut dapat 68,3 persen suara.

Bek Chelsea, Marc Cucurella, dan pemain Tottenham Hotspur, Cristian Romero.

Photo :
  • The Telegraph

Di urutan kedua ada Marc Bartra. Mantan pemain Barcelona yang kini membela Trabzonspor dan mendapatkan 22 persen suara.

Di urutan ketiga, masih ada pemain jebolan akademi La Masia, Gerard Deulofeu. Pemain yang kini membela Udinese itu mendapatkan 9,7 persen suara.

Penghargaan untuk para pelaku sepakbola asal Catalunya juga ada untuk kategori pelatih. Yang mendapatkannya adalah Pep Guardiola.

Pria yang kni menangani Manchester City itu mendapatkan 61,9 persen suara. Disusul oleh Rubi, pelatih Almeria sebesar 21,4 persen suara.

Pemain muda wanita asal Catalunya juga mendapatkan penghargaan. Yang menang dari Barcelona, yakni Claudia Pina dnegan 80,5 persen suara.

Wasit teriak balik ke arah pemain Udinese, Gerard Deulofeu

Photo :
  • The Sun

Dua pemain lain yang masuk nominasi juga berasal dari Barcelona. Meritxell Font dapat 12,2 persen, dan Julia Bartel dengan 7,3 persen.

Sementara untuk kategori pemain muda putra jatuh kepada Ferran Jutgla dengan raihan 64,3 persen suara. Dia unggul atas Arnau Martinez yang dapat 23,8 persen, dan Ruben Sanchez dengan 11,9 persen.

Pencetak gol terbanyak pemain asal Catalunya kategori putri jatuh kepada Alexia. Dia punya catatan 18 gol, dan yang putra adalah 14 gol dari Deulofeu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya