5 Pemain Bintang yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Real Madrid

Luis Figo saat membela Real Madrid.
Sumber :
  • Sportklub.pl

Jakarta - Ada sejumlah pemain bintang yang memperkuat Barcelona dan Real Madrid. Diantara mereka ada yang mendulang kesuksesan hingga meraih banyak trofi.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Namun kepindahan pemain baik itu dari Real Madrid ke Barcelona atau pun sebaliknya, pastinya sering menimbulkan kontroversi hingga disebut oleh penggemar masing-masing sebagai penghianat:

1. Michael Laudrup

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Michael Laudrup saat membela Real Madrid

Photo :
  • managingmadrid.com

Michael Laudrup merupakan salah pemain hebat digemarinya. Ia merupakan pemain Barcelona dan menjadi pemain adalahan dari Johan Cruyff dan telah meraih sembilan trofi selama lima musim di Nou Camp, diantaranya meraih trofi LaLiga dan Piala Europa.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Namun setelah memperkuat Barcelona selama lima musim, pemain asal Denmark itu memutuskan untuk bergabung sang rival yang Real Madrid meskipun hanya dua musim.

2. Gheorghe Hagi

Gheorghe Hagi merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah memperkuat Barcelona dan Real Madrid. Namun ia hanya mampu bertahan selama dua musim di Los Blancos dan raih dua trofi LaLiga di musim 1989/1990 dan 1990/1991.

Setelah dua musim bersama Real Madrid, bergabung terlebih dahulu bersama Brescia Calcio, ketika berada di klub Italia hanya mampu bertahan selama dua musim dan di musim 1993, ia memutuskan bergabung dengan Barcelona dan meraih dua trofi LaLiga sebelum akhirnya hijrah ke Galatasaray pada musim 1995.

3. Luis Enrique

Pelatih PSG, Luis Enrique

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Luis Enrique merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Real Madrid dan Barcelona. Luis Enrique sebelumnya memperkuat Real Madrid selama lima musim dan tercatat telah memberikan 213 penampilan serta mencetak 18 gol.

Namun setelah lima musim bersama Real Madrid, ia memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona dengan status bebas transfer pada tahun 1996 setelah dirinya merasa kurang dihargai oleh penggemar Real Madrid. Bersama Blaugrana, ia telah mencetak 108 gol dari 300 penampilan di semua kompetisi.

4. Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario saat bermain untuk Real Madrid

Photo :
  • AS

Ronaldo Nazario bisa disebut menjadi salah satu pemain yang luar biasa pada masanya. Ia hanya satu musim memperkuat Barcelona dan berhasil mencetak 47 gol dari 49 pertandingan di semua kompetisi.

Sebelum bergabung dengan Real Madrid, ia sempat bermain dengan Inter Milan terlebih dahulu, hingga akhirnya di musim 2001/2002 ia baru bergabung dengan Los Blancos. Bersama Real Madrid pemain yang pernah membawa Timnas Brasil meraih juara Piala Dunia itu berhasil mencetak 103 gol dari 177 penampilan di semua kompetisi serta meraih dua trofi LaLiga.

5. Luis Figo

Luis Figo

Photo :
  • commons.wikimedia.org

Diantara daftar pemain yang diatas, mungkin Luis Figo yang paling kontroversi terkait kepindahannya dari Barcelona ke Real Madrid. Pemain asal Portugal hanya mampu bertahan selama lima musim di Nou Camp sebelum akhinta pindah pada tahun 2000.

Kepindahnya Luis Figo ke Barcelona membuat pria berusia 51 tahun itu kini dibenci oleh penggemar Barcelona hingga saat ini.

Selama lima musim di Barcelona, Luis Figo telah mencetak 45 gol dari 249 penampilan di semua kompetisi. Selain itu juga, ia meraih dua trofi LaLiga, dua Piala Super Spanyol, dua Copa Del Rey dan satu Piala Super Eropa.

Sedangkan selama lima musim bersama Real Madrid, Luis Figo telah mencetak 57 gol dari 245 pertandingan di semua kompetisi. Selain itu juga, ia berhasil meraih dua trofi LaLiga, dua Copa Del Rey, satu Piala Super Eropa dan satu Liga Champions.

Setelah lima musim bersama Real Madrid, ia memutuskan bergabung dengan Inter Milan pada musim 2004 dan memutuskan pensiun dari dunia sepakbola profesional pada 2009.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya