Barca Hebat Karena Guardiola, Bukan Pemain

Jose Mourinho (kanan) & Pep Guardiola
Sumber :
  • Zimbio

VIVAnews - Entrenador Barcelona Josep Guardiola kembali mendapat pujian. Kali ini kalimat-kalimat sanjungan datang dari legenda hidup Argentina, Cesar Luis Menotti.

Menotti, pelatih yang membawa Argentina menjadi kampiun di Piala Dunia 1978 menilai sosok Guardiola sangat unik. Bahkan, Menotti menilai kesuksesan Barcelona lebih disebabkan karena faktor kepintaran Guardiola.

Menotti punya alasan atas klaimnya itu. Menurutnya, banyak pemain Barcelona yang mampu bersinar setelah dilatih Guardiola. Di bawah rezim Guardiola, Blaugrana sukses mengoleksi 3 gelar La Liga secara beruntun dan 2 trofi Champions League.

"Semua itu membuktikan bahwa Guardiola lebih penting dibanding para pemain. Tentu, dia selalu mengatakan yang sebaliknya, tapi apa lagi yang dapat dia lakukan? Anda tidak dapa mengklaim Anda yang terbaik," ujar Menotti kepada El Pais.

Menotti sendiri pernah menjadi pelatih di klub Catalunya itu. Pria 74 tahun ini tercatat sebagai pelatih Barca di tahun 1984. Saat itu ia juga memboyong bintang Argentina Diego Maradona ke Camp Nou.

"Di mana Pique sebelum Guardiola? atau Pedro? Busquets? pemain-pemain itu menjadi fenomena di bawah bimbingan Guardiola. Itu yang sebenarnya, jadi gila kalau mengatakan kesuksesan Guardiola karena pemain yang dimilikinya," lanjut Menotti.

Tak sampai di situ, Menotti kemudian juga membandingkan antara Guardiola dengan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho. "Mereka secara konseptual serupa. Tapi tetap ada perbedaan besar di antara mereka terutama di lapangan. Ada banyak pelatih seperti Mourinho tapi tak ada yang seperti Guardiola," pungkas Menotti. (sj)

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024