Media & Fans di China Kecam Arogansi Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • yahoosport

VIVAnews - Wartawan China dan fans marah dengan kelakuan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dalam sesi jumpa pers sebelum laga melawan Guangzhou Evergrande, Rabu 3 Agustus 2011.

Madrid berada di China untuk menggelar laga uji coba sekaligus promosi brand mereka di negara berpenduduk 1,3 miliar itu. Tapi, Ronaldo justru menunjukkan arogansi saat menjawab beberapa pertanyaan wartawan pada sesi jumpa pers, Selasa malam waktu setempat 2 Agustus 2011, di bagian selatan Kota Guangzhou.

"Ia selalu terlihat egois dan arogan," kata Yan Qiang, Wakil Presiden Titan Media, salah satu media olahraga terkenal di China.

Padahal, Ronaldo menjadi salah satu pemain terpopuler di China. Ia menyandang label itu bersama Ricardo Kaka dan Lionel Messi.

"Kelakuannya benar-benar tak sebanding dengan popularitasnya di China," lanjut Yan kepada AFP. Yan menyebut tindakan negatif Ronaldo jelang laga melawan Guangzhou Evergrande itu juga akan mengganggu promosi Nike sebagai sponsor pribadi CR7 di China.

Arogansi Ronaldo terjadi ketika beberapa wartawan China selalu menanyakan hal-hal pribadi. Dimulai ketika pemain 26 tahun itu ditanya soal kondisi rekan setimnya, Kaka seusai cedera.

Ronaldo yang menjadi pemain termahal di dunia seusai pindah dari Manchester United ke Madrid pada musim panas 2009 dengan nilai transfer £80 juta menjawab singkat dalam Bahasa Spanyol: "Perfecto (Sempurna)."

Berikutnya, seorang wartawan China menanyakan kepada Ronaldo yang telah menjadi ayah sejak tahun lalu, apakah pernah mengganti popok anaknya. Kali ini, Ronaldo giliran menjawab dalam Bahasa Inggris. "Tentu saja, sebagai ayah sangat normal mengganti popok bayinya," ucap Ronaldo.

Saat ditanya AFP apakah akan kembali ke MU atau ke Inggris, Ronaldo menjawab normatif: "Mungkin saja, mengapa tidak? Anda takkan pernah tahu."

Lalu, Ronaldo juga ditanya soal hobinya bermain tenis meja serta apakah ia mengenal para pemain China serta kesannya atas Kota Guangzhou. Lagi-lagi, Ronaldo menjawab singkat,"Sangat panas."

"Pertanyaan yang diajukan kepadanya mungkin memang tak berhubungan dengan sepakbola. Tapi, media serta fans di China sangat berbeda dengan di Eropa. Kami ingin tahu lebih dekat dengan bintang pujaannya," lanjut Yan.

Sebagai negara berpenduduk terbanyak, China juga memiliki pengguna Internet terbanyak di dunia yakni sekitar 485 juta. Beberapa fans Ronaldo dan Madrid pun mengungkapkaan kekecewaannya di internet.

"Saya tak tahu mengapa Ronaldo bisa menjadi Pemain Terbaik di Dunia. Tapi, saya yakin ia layak dikutuk atas perbuatannya di jumpa pers," kata blogger "wangjihe" di portal Netease.

"Ronaldo memang pemain bagus dan enak dilihat. Tapi, kelakuannya buruk," tulis salah seorang penggemarnya di situs itu menggunakan sandi nomor 7726693116. "Ia harus menyewa perusahaan PR untuk mengajarinya berinteraksi dengan media."

Penggemar bersandi 9513638962 lebih keras mengkritik Ronaldo. "Awas! C. Ronaldo lebih baik pulang saja!"

Menarik untuk menyaksikan penampilan Ronaldo saat melawan Guangzhou. Pemain asal Portugal ini terancam diteriaki fans sepanjang laga. Padahal, Real Madrid masih sekali lagi menjalani laga uji coba di China yakni melawan Tianjin Teda, Sabtu 6 Agustus 2011. (eh)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024