Messi Selamatkan Barcelona dari Kekalahan

Lionel Messi (kanan) saat melawan Athletic Bilbao
Sumber :
  • REUTERS/Vincent West

VIVAnews - Barcelona nyaris menelan kekalahan pertama musim ini saat menghadapi Athletic Bilbao. Beruntung Lionel Messi menyelamatkan Azulgrana dari kekalahan saat ditahan imbang Bilbao 2-2 di San Mames, Minggu 6 November 2011 waktu setempat.

Bermain di bawah hujan yang deras, Barcelona mengalami kesulitan menghadapi Bilbao sejak menit pertama pertandingan. Bahkan anak asuh Josep Guardiola tersebut sempat dua kali tertinggal.

Pada menit ke-20 gawang Barcelona bergetar. Berawal dari pergerakan Markel Laskurain dari sisi kanan pertahanan Barcelona, bola kemudian diumpan ke Ander Herrera. Dengan tenang kemudian Herrera melepaskan tendangan kaki kanan tanpa bisa dijangkau kiper Victor Valdes.

Barcelona tidak butuh waktu lama untuk merespon. Dua menit kemudian sebuah umpan tarik Eric Abidal dengan sempurna dikonversi menjadi gol oleh Cesc Fabregas melalui sundulan.

Di babak kedua pertandingan tetap berlangsung menarik. Guardiola berusaha memasukkan Alexis Sanchez dan David Villa di pertengahan babak kedua untuk menambah ketajaman lini depan.

Namun, bukannya mencetak gol, gawang Barcelona justru kembali kebobolan pada menit ke-80. Berawal dari kesalahan Abidal yang tidak membuang bola dengan sempurna hasil sepak pojok Herrera, bola kemudian mengenai Fernando Llorente dan menyentuh Gerard Pique sebelum menggetarkan gawang Valdes.

Satu menit kemudian Guardiola kembali memasukkan seorang pemain berkarakter menyerang, Thiago Alcantara, menggantikan Pique.

Bilbao berusaha keras untuk mempertahankan keunggulan. Sampai-sampai tuan rumah hasil kehilangan Fernando Amorebieta pada menit ke-90 karena menerima kartu kuning kedua usai melanggar Messi.

Satu menit kemudian akhirnya Messi mampu mencetak gol penyeimbang. Striker internasional Argentina itu memanfaatkan kesalahan lini belakang Bilbao dalam membuang bola dan melepaskan tendangan mendatar ke bagian kiri bawah gawang.

Dengan hasil imbang ini Barcelona memang masih di urutan kedua klasemen La Liga dengan 25 poin, namun mereka tertinggal tiga poin dari Real Madrid.

Susunan pemain

Athletic Bilbao: Iraizoz; Iraola, Javi Martínez, Amorebieta, Aurtenetxe; Herrera, De Marcos, Iturraspe, Susaeta (Inigo Perez, 85'); Llorente (Mikel San Jose, 90'), Muniain (Ibai Gomez, 88').

Barcelona:
Valdes; Alves, Pique (Thiago, 81'), Mascherano, Abidal; Sergio Busquets, Xavi (Sanchez, 61'), Iniesta; Adriano (Villa, 72'), Messi, Fabregas.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016