Liga Champions Eropa

Demi Madrid, Barca Simpan 13 Pemain

barca milan
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino

VIVAnews - Kubu Barcelona mempersiapkan laga El Clasico jauh-jauh hari. Salah satunya dengan mengistirahatkan banyak pemain di laga terakhir fase grup Liga Champions, Selasa 6 Desember 2011.

Barca memang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar LC. Posisi juara Grup H juga dalam genggaman setelah menaklukkan tuan rumah AC Milan 3-2 di Matchday 5. Dengan satu laga tersisa, Barca kini mengoleksi 13 poin, unggul 5 poin atas Milan.

Tak salah jika pelatih Barca, Pep Guardiola memasang tim kedua dalam Matchday 6 melawan BATE Borisov. Menurut AFP, Guardiola akan mengistirahatkan 13 pemain melawan BATE, termasuk trio Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Lionel Messi.

Guardiola dalam beberapa pekan terakhir memang telah mencoba beberapa opsi jelang laga El Clasico di kandang Real, Santiago Bernabeu, 10 Desember 2011. Salah satunya dengan memasang formasi tiga bek yang diprediksi juga akan dipakai di Bernabeu nanti.

"Kami terus mempersiapkan diri melawan Madrid. Saya butuh mengamati laga mereka berkali-kaliĀ  sebelum memutuskan untuk memilih strategi dan pemain," kata Guardiola.

Barca melibas Levante 5-0 di laga terakhir sekaligus mencatatkan rekor 39 gol tanpa kemasukan di kandang. Tapi, Pep sadar laga besar El Clasico akan dimainkan di kandang lawan dimana rekor Barca kurang bagus.

"Berisiko memainkan formasi tiga bek, dan saya belum memutuskan strategi itu. Memasang tiga bek bagus jika kami bisa mendominasi permainan. Tapi, mendominasi penuh Madrid di Bernabeu sangat tidak mungkin."

Sedangkan bek tangguh Gerard Pique justru masuk tim melawan BATE. Pique diprediksi akan berada di bangku cadangan melawan Real.

Posisi Pique kemungkinan besar akan ditempati Javier Mascherano. Bek Argentina ini mampu menembus tim utama setelah selama ini sering menjadi pemain pengganti.

"Saya tak kaget Barcelona bermain sangat bagus di kandang. Itu karena kerja keras semua pemain. Bermain dengan tiga atau empat bek tak berpengaruh jika semua pemain Barca tampil bagus," ujar Mascherano.

"Masih ada laga sebelum melawan Madrid dan kami harus menaruh respek kepada lawan di Liga Champions. Tapi, kami memang selalu menganggap laga di Bernabeu sangat spesial."

Jika Barca memainkan tim kedua sedikit menguntungkan BATE. Tim asal Rumania ini akan coba meraih poin di Camp Nou untuk bertahan di Europa League. Jika menang lawan Barca, BATE masih berpeluang untuk tampil di Europa League dengan finis di posisi 3 Grup H.

Meski itu sangat berat bagi BATE karena Barca pasti tak ingin dipermalukan di Camp Nou. Jika seri pun BATE dipastikan masuk kotak karena tertinggal dua poin dari Viktoria Plzen.

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016