Pique Ungkap Perbedaan Fergie dan Guardiola

Gerard Pique
Sumber :
  • Hollyscoop

VIVAbola - Sepanjang kariernya, Gerard Pique telah merasakan 'tangan dingin' dari 2 pelatih sensasional, yakni Sir Alex Ferguson (Manchester United) dan Pep Guardiola (Barcelona). Ia pun menemukan perbedaan signifikan dari keduanya.

Pique merupakan pemain asli binaan Barca. Namun, pada 2004 ia kemudian 'dibajak' Setan Merah ke Old Trafford. Di sana, Pique tak mendapat banyak kesempatan bermain. Selain karena usianya yang masih muda, Pique tak mampu meruntuhkan dominasi Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic ketika itu.

"Fergie dan Pep sangat berbeda. Ferguson tidak sering turun ke lapangan latihan. Dia tetap di kantornya dan melakukan banyak tugas yang berbeda-beda," kata Pique kepada FIFA.com.

"Saya pikir ia lebih mirip sosok seorang ayah. Setidaknya itulah bagaimana hubungan saya dengan dia ketika saya bergabung dengan mereka di usia 17 tahun. Fergie adalah seorang motivator yang baik. Cara ia berbicara sebelum pertandingan sungguh fantastis."

Karena tak kunjung mendapat jam terbang reguler, Pique akhirnya kembali ke Barca pada 2008. Di sana, ia bertemu dengan Pep Guardiola yang percaya penuh dengan kemampuannya.

"Guardiola menghabiskan waktu sepanjang hari dengan pemain dan kemudian duduk menonton sepuluh jam video pertandingan, agar ia bisa menunjukkan kepada kami cuplikan dari lawan kami dan bagaimana cara menyerang mereka. Mungkin ini hanya masalah waktu berapa lama mereka telah melatih. Pep baru saja mulai, sementara Sir Alex jauh lebih berpengalaman."

"Di satu sisi, Pep melihat sepakbola dengan cara yang orang lain tidak bisa lihat. Ia kemudian menjelaskannya lebih baik dari siapa pun. Banyak pelatih hanya meminta Anda untuk bergerak ke kanan atau ke kiri, tapi Pep memberi Anda alasan mengapa hal itu harus dilakukan. Dengan begitu, Anda jelas memahami ketika sedang melakukan sesuatu di lapangan," pungkas Pique.

Pep Larang ManCity Main Bola Panjang
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016