Pele: Barcelona Identik dengan Santos

Neymar menggendong Pele
Sumber :
  • wordpress

VIVAbola - Legenda hidup sepakbola dunia, Pele begitu antusias melihat sukses yang dicetak Barcelona dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Mencermati sukses Azulgrana, Pele teringat masa keemasan yang sempat ditorehkan Santos pada 1960-an.

Saat masih aktif sebagai pemain, pria yang memiliki nama asli Edison Arantes do Nascimento ini berhasil mempersembahkan dua gelar Copa Libertadores dan dua titel Intercontinental. Prestasi ini identik dengan Barcelona yang sukses menggondol dua trofi Liga Champions 2008/09, 2010/11 serta sepasang trofi Piala Dunia Antarklub edisi 2009 dan 2011 lalu.

"Pada 15 atau 20 tahun lalu, permainan sepakbola lebih bertahan," kata Pele dikutip France Football.

"Orang-orang membicarakan Barcelona sekarang ini. Tapi, mereka melupakan Santos pada tahun 1960-an. Saat itu, Santos tim fantastis yang mendominasi dunia," sambung mantan pemain New York Cosmos tersebut.

Pele pun menolak dengan tegas jika dirinya kerap dibandingkan dengan kunci sukses Barcelona saat ini Lionel Messi. Sebab, menurutnya setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda.

"Messi pemain luar biasa. Sangat menyenangkan melihatnya di lapangan. Saya memiliki banyak respek untuknya. Seperti untuk (Johan) Cruyff, (Franz) Beckenbauer atau (Michel) Platini," ujarnya.

"Tetapi, setiap orang memiliki kepribadian masing-masing. Saya tidak mau dibandingkan dengan Messi dan pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo karena mereka memiliki gaya berbeda," tuntas bintang timnas Brasil di Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970 itu.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016