Guardiola: Xavi Tak Tergantikan di Barcelona

Barcelona VS Osasuna
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAbola - Xavi Hernandez merupakan salah satu pemain pilar Barcelona. Tak hanya saat bertanding, gelandang internasional Spanyol itu juga menjadi sosok teladan di luar lapangan.

Setidaknya itu lah tanggapan yang dilotarkan entrenador Barcelona Pep Guardiola. Sang pelatih menilai, Xavi memegang peranan penting dalam skuadnya, terutama dalam mengatur serangan. Di luar lapangan, menurut Guardiola, kebiasaan gelandang bernomor punggung 6 itu juga patut ditiru.

“Barcelona tanpa Xavi, pasti akan berbeda. Bukan hanya karena yang ia lakukan di lapangan, tapi juga di luar lapangan,” ujar Guardiola seperti dikutip dari situs resmi Barcelona, Senin 20 Februari 2012.

“Xavi adalah tipe pemain yang terbiasa berlatih 10 menit lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Dia juga mengajak para pemain lain melakukannya. Dia merupakan sosok satu-satunya dan tak tergantikan,” tutur pelatih yang menyandang predikat Terbaik Dunia pada 2011.

Sejak membela tim inti Barcelona pada 2008 lalu, Xavi sudah tampil dalam 401 pertandingan La Liga dengan torehan 44 gol. Ia sempat memegang rekor sebagai pemain Barca termuda yang mencatatkan penampilan ke-200. Rekor tersebut baru saja dipatahkan Lionel Messi saat tampil menghadapi Valencia, Minggu 19 Februari 2012.

Awal pekan lalu, Xavi terpilih sebagai Pemain Terbaik Catalan 2011. Ini merupakan penghargaan perdana yang diberikan Federasi Sepakbola Catalan (FCF). Selain gelandang 32 tahun itu, Guardiola juga dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Catalan 2011. (irb)

Pep Larang ManCity Main Bola Panjang
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016