Messi Hanya Bisa Hengkang ke MU atau Madrid

Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea.

VIVAbola - Lionel Messi diisukan bakal hengkang dari Barcelona akhir musim nanti. Chelsea disebut-sebut menjadi calon pelabuhan baru karir sang mega bintang.

Tapi menariknya, menurut pakar keuangan sepakbola dari Sheffield Hallam University, Rob Wilson, hanya Manchester United dan Real Madrid, klub yang paling mungkin menggaet Messi sekarang.

Analisa Wilson mengacu kepada sejumlah aspek, di antaranya klausul tebusan Messi, kemampuan pendanaan dan regulasi Financial Fair Play.

Diketahui Messi memiliki klausul tebusan £196 juta, atau sekitar Rp3,75 triliun. Nilai sangat besar tentunya, sehingga cuma klub-klub kaya raya yang bakalan berani mencoba menggaetnya. Tetapi, uang berlimpah saja belum cukup.

Sesuai regulasi Financial Fair Play, klub harus punya neraca keuangan bagus jika ingin melakukan aktivitas transfer. Seandainya terbukti pengeluaran untuk belanja, gaji pemain dan biaya operasional lainnya lebih besar ketimbang pemasukan, mereka akan dijatuhi sanksi berat oleh UEFA.

Dari beberapa klub 'tajir' yang ada, hanya MU dan Real Madrid yang memenuhi syarat itu. "Berdasarkan pendapatan dan ketersediaan dana, saya pikir cuma MU dan Madrid yang mampu membeli Messi," kata Wilson sebagaimana dikutip Daily Mail.

Lebih lanjut, Wilson mengaku tak yakin Messi bakalan meninggalkan Barcelona dalam waktu dekat ini. "Meski Messi memang sangat ingin pergi, apa alasan yang membuat Barcelona harus, atau mau melepasnya."

Kolongi Pemain Leicester, Messi Malah Dapat Hadiah


Baca juga:

Kejutan, Messi Tercoret dari Nominasi Pemain Terbaik Eropa

Ancelotti: Setiap Tim Punya Ruang untuk Messi

Manajer Liverpool Akui Butuh Kiper Baru

Bayern Tak Akan Belanja di Bursa Transfer Pemain

(asp)

Demi Messi, Fans Ini Rela Lompat dari Tribun Penonton
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016