Stadion Sepi, Barca Mulai Ditinggalkan Fans?

Pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Vincent West
VIVA.co.id -
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
Pendapatan Barcelona dari penjualan tiket pertandingan diketahui menurun dalam beberapa bulan belakangan. Fans Barca mulai malas menonton pertandingan secara langsung di Camp Nou.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Fenomena ini terjadi sejak Oktober 2014 lalu. Umumnya, seperti dilansir Marca, fans malas menonton langsung di stadion saat Azulgrana berkiprah di ajang Copa del Rey.
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley


Terbukti, penonton paling banyak di Copa del Rey hanya berkisar di angka 62.225 saja. Itu terjadi ketika mereka menyingkirkan Atletico Madrid di leg 2 perempat final, 29 Januari 2015 lalu.


Dan laga melawan Elche di turnamen yang sama, 9 Januari 2015 silam, mencatatkan jumlah penonton yang paling sedikit. Tercatat, hanya 27.099 penonton yang hadir langsung ke Camp Nou untuk menyaksikan kemenangan 5-0 Barca atas Elche di leg 1 babak 16 besar Copa del Rey.


Jumlah penonton Barca di ajang La Liga sebenarnya juga menurun. Namun, jumlahnya tak terlalu signifikan.


Di medio Oktober 2014, tercatat ada 77.451 penonton yang hadir ke Camp Nou untuk mendukung kiprah Lionel Messi dan kawan-kawan di ajang La Liga. Sebulan kemudian jumlahnya menyusut hingga 74.875.


Lalu, di periode Desember 2014, penonton Barca di Camp Nou cuma 65.894. Bergeser ke Januari 2015, fakta baru terungkap. Ternyata, jumlah penonton Barca di ajang La Liga hanya berada di kisaran 57.746.


Penurunan penonton di periode Januari 2015 sebenarnya bisa dimengerti. Musim dingin serta jam kick-off yang lebih awal menjadi alasan mengapa penonton mulai malas hadir langsung ke Camp Nou.


Tentunya, hal ini menjadi sebuah ironi. Pasalnya, permainan Barca mulai menunjukkan perbaikan. Di ajang La Liga, mereka terus menekan Real Madrid di papan atas klasemen sementara. Lalu, di pentas Copa del Rey, Barca tinggal selangkah lagi menjejakkan kakinya di final.


Baca juga:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya