Penelitian: Nilai Jual Ronaldo Mencapai Rp 2,1 Triliun

Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Ruben Sprich

VIVA.co.id - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Polytechnic University of Valencia coba menaksir nilai dari winger Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Studi tersebut pun menyimpulkan nilai kapten Timnas Portugal itu mencapai 149 juta euro atau Rp2,1 triliun.

Sejumlah pemain seperti Luis Suarez, Gareth Bale, dan Diego Costa, juga menjadi bahan perbandingan dengan Ronaldo untuk urusan nilai jual. Terbukti, nilai Ronaldo jauh melebihi nama-nama tenar lainnya tersebut.

Studi penelitian tentang Ronaldo juga mempertimbangkan sejumlah faktor termasuk umur, statistik gol, assist, kartu kuning/merah, dan pertimbangan nilai dalam kemampuan memimpin.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Sejauh ini, Ronaldo masih yang terbaik dalam rasio golnya per pertandingan. Dan pemain berusia 30 tahun ini juga yang terbaik kedua dalam urusan assist di kompetisi La Liga. 

Namun, sesungguhnya performa Ronaldo sejak awal 2015 terbilang kurang mengesankan. Belum diketahui, apakah penampilan buruk pemain yang akrab disebut CR7 ini bisa mempengaruhi nilai jualnya.    

Seperti diketahui, Real Madrid sebelumnya memboyong Bale dari Tottenham Hotspur seharga 91 juta euro, sedangkan Chelsea merekrut Diego Costa dari Atletico Madrid dengan banderol 38 juta euro. Terakhir, Luis Suarez digaet Barcelona dari Liverpool dengan nilai 81 juta euro.

Marca melaporkan, pihak Polytechnic University of Valencia meyakini metodologi mereka bisa dipakai dalam mengkalkulasi nilai dalam transfer market. Sebelumnya, mereka juga telah membuat studi untuk nilai jual dua gelandang internasional Spanyol, David Silva dan Juan Mata.

Klub-klub kaya peminat David Silva dan Juan Mata mungkin akan tertarik mengetahui bahwa harga keduanya terbilang cukup terjangkau. Silva yang kini membela Manchester City dianggap bernilai 33,5 juta euro, sedangkan Mata yang saat ini berseragam Manchester United, ditaksir hanya seharga 24 juta euro. (One)

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Baca juga:

Berbagai Alasan yang Bikin Ronaldo 'Melempem'

Neymar Kesal Diganti Suarez Saat Barca Bantai Levante

Messi Hattrick, Barca Hancurkan Levante di Camp Nou

Lawan Madrid, Sevilla Tunjukkan Sikap 'Berani Mati'
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016