Komentar Pelatih Bilbao Usai Kubur Mimpi Barcelona

Athletic Bilabo juara Piala Super Spanyol 2015
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Keberhasilan Athletic Bilbao merengkuh Piala Super Spanyol 2015, tak lepas dari sentuhan tangan dingin pelatih Ernesto Valverde. Di bawah komandonya juga, Bilbao bisa jadi
runner-up
Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
Copa del Rey, musim lalu, sehingga bisa tampil di ajang Piala Super Spanyol.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga

Tampilnya Bilbao sebagai juara di ajang Piala Super Eropa, memecah dominasi Barcelona dan Sevilla yang dalam 9 tahun terakhir senantiasa berhasil meraih gelar ini.


Bagaimana tidak, secara mengejutkan Bilbao mampu menggasak peraih gelar treble winners musim lalu 4-0 di leg 1. Kemudian, Bilbao mampu menahan gempuran Lionel Messi cs saat bermain di Camp Nou hingga memaksa bermain imbang 1-1.


Meski mampu mengalahkan tim terkuat di Eropa saat ini, Valverde tetap merendah. Menurut Valverde, timnya mengalami tekanan luar biasa saat bertandang ke Camp Nou di
leg
2.


"Babak pertama sangat sulit karena Barca terus memberikan tekanan. Mereka adalah tim yang sangat brilian. Meskipun mereka bermain dalam keadaan terburuk, mereka mampu mencetak gol dan meniupkan kehidupan ke dalamnya," ujar Valverde kepada
AS
.


"Dari sisi luar tampak jika kami sangat menderita, dan ketika mencetak gol kami juga melakukannya," imbuhnya.


Valverde tak lupa turut memuji penampilan anak asuhnya. Diungkap pelatih 51 tahun ini, solidaritas tim adalah kunci kemenangan Bilbao atas Barcelona.


"Kami pada akhirnya mencapai gelar yang layak bagi para pemain. Semua adalah apa yang kami lihat ketika datang ke Camp Nou untuk memainkan final dan melihat bagaimana orang-orang datang ke sini. Kami tahu apa yang berarti bagi mereka," lanjut Valverde.


"Yang terpenting dari tim adalah solidaritas. Bahwa kami tidak akan mengecewakan. Ini adalah tuntutan bagi Athletic yang terkadang berbuat lebih baik atau lebih buruk. Tetapi, kami tahu akan bergerak ke depan," tutup Valverde. (one)





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya