Mau Jadi Apa La Liga Tanpa Real Madrid Kontra Barcelona

Pemain Barcelona, Lionel Messi, saat hadapi Real Madrid
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Presiden Catalan, Artur Mas, baru saja diwawancarai oleh majalah olahraga Spanyol, Panenka. Dan salah satu petikan wawancara tersebut adalah usaha daerah otonomi khusus tersebut untuk merdeka dan peluang Barcelona tercoret dari La Liga.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
Catalan memang dalam beberapa bulan terakhir sedang kembali gencar mengutarakan niat untuk merdeka dari Spanyol. Namun, keinginan itu bisa berdampak pada keberadaan Barcelona di sepakbola Negeri Matador.

4 Skema Barcelona Juara LaLiga
Menurut Presiden Liga de Futbol Profesional (LFP) SPanyol, Javier Tebas, Barcelona akan tercoret dari La Liga kalau sampai Catalan memisahkan diri dari Spanyol. Apa tanggapan Artur Mas?

Menurut Presiden Catalan tersebut, El Clasico yang mempertemukan Barcelona dan Real Madrid adalah aset terbesar La Liga. Ia pun menilai keputusan LFP akan jadi sebuah blunder kalau sampai mencoret Barcelona.

"Siapa yang tak ingin tim seperti Barca di liga mereka? Dan kenapa Anda (tak ingin ada Barcelona di Spanyol)? Karena Anda marah? Kalau Anda suka sepakbola, bagaimana mungkin Anda tidak ingin tim terbaik dunia lepas dari liga Anda?" tutur Mas.

"Saya yakin itu adalah isu yang bisa diselesaikan dengan mudah dan menguntungkan keduanya," ujar Mas pada Panenka.

Publik Catalan memang sudah beberapa kali menunjukkan ketidaksukaan terhadap pemerintah Spanyol. Bahkan, cemoohan terdengar keras ketika lagu kebangsaan Spanyol dikumandangkan dalam laga final Copa del Rey di Camp Nou.

"Itu masalah perasaan. Bahkan, sebelum ada pembicaraan untuk merdeka meluas, saya melihat sudah banyak cemoohan di laga final. Itu akan terjadi dengan atau tidak adanya isu kemerdekaan. Banyak orang yang merasa tidak menyatu dengan lagu nasional," tambahnya.

Mas juga mengungkapkan pasti cemoohan akan sangat keras terdengar kalau sampai lagu kebangsaan Catalan terdengar di Santiago Bernabeu, kalau-kalau Catalan sampai merdeka di masa depan. "Anda berpikir akan ada yang tepuk tangan? Jangan aneh." (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya