'Ronaldo dan Messi Bisa Sukses, Karena Saya'

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS / Phil Noble
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Mantan pesepakbola asal Belgia, Jean Marc Bosman, mengklaim kesuksesan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam hal prestasi dan finansial saat ini, tidak terlepas dari jasanya.

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat

Bosman dianggap berjasa besar atas berkembangnya industri sepakbola dunia. Hal itu tidak terlepas dari kemenangan yang dia raih di pengadilan terkait gugatan ke klubnya, 20 tahun silam.
Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi


Dan kemenangan ini membuat sepakbola memiliki aturan baru terkait transfer pemain yang disebut Regulasi Bosman. Bahwa, setiap pemain bebas pindah atau bertahan di suatu klub kalau kontraknya tersisa enam bulan lagi.


"Cristiano dan Messi memenangi apa yang telah keduanya menangkan saat ini, keduanya harus berterima kasih kepada saya," kata Bosman seperti dikutip dari Soccerway, Selasa 15 Desember 2015.


"Keduanya bisa bermain dengan para pemain terbaik di Eropa dalam satu klub, sehingga keduanya bisa meraih banyak gelar juara dan uang," tambah mantan pemain berusia 51 tahun itu.


Bosman juga membuktikan, keduanya 'tidak bergigi' di tingkat timnas karena memang tidak bisa melakukan hal serupa seperti di klub. "Kita sudah melihatnya, ketika mereka bersama timnas, tidak mudah untuk bisa juara." (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya