Analisis Penurunan Performa Ronaldo dan Messi

Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino
VIVA.co.id –
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
Performa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sempat mengalami penurunan bersama klubnya masing-masing. Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona, Luis Figo, memiliki analisis sendiri akan hal tersebut.

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat

Ronaldo sempat menuai kritikan di awal musim ini, karena kerap gagal memberikan gol bagi Los Blancos. Tercatat, mantan pemain Manchester United tersebut baru mencetak 10 gol sejauh ini di ajang La Liga.
Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi


Sementara itu, Messi kerap berkutat dengan cedera lutut yang menderanya dan harus absen cukup lama, total golnya untuk Barca pun baru lima gol sejauh ini. Figo menilai kondisi yang dialami keduanya cukup wajar.


"Semua kondisi ini wajar. Dengan jadwal pertandingan yang amat padat, wajar jika mereka tidak bisa terus mencetak gol di setiap pertandingan. Bagi mereka yang sudah pernah terlibat dalam sepakbola pasti tahu bahwa ini adalah kondisi yang wajar,” kata Figo.


“Kualitas individu dan profesionalisme tidak ada hubungannya dengan performa di atas lapangan. Wajar jika ada banyak komentar berlebihan, mengingat keduanya adalah pemain terbaik dunia saat ini,” tuturnya, seperti dilansir
AS.


Walau tak terlalu menampilkan permainan yang begitu baik dari musim sebelumnya, Messi dan Ronaldo tetap menjadi kandidat kuat peraih gelar FIFA Ballon d’Or 2015. Messi dan Ronaldo akan bersaing dengan Neymar pada 11 Januari 2016. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya