Dapat Donor Ginjal, Riedl Merasa Jadi Setengah Orang Vietnam

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl
Sumber :
  • Vietnam+

VIVAbola - Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala AFF dengan menghadapi tuan rumah, Vietnam, 22 November 2014, di My Dinh Stadium. Ini akan menjadi duel sarat emosi bagi pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl.

Pria asal Austria ini pernah 3 kali menangani Vietnam. Pada periode 1998-2001, Riedl untuk kali pertama menangani Vietnam. Kemudian, di 2003 hingga 2004, Riedl kembali menjadi pelatih Vietnam.

Selama setahun, Riedl pernah membesut timnas Palestina. Dan pada 2005 sampai 2007, Riedl pun kembali memimpin timnas Vietnam.

Banyak kenangan yang ditinggalkan Riedl selama menangani The Red Jersey. Salah satunya adalah ketika dia mendapatkan donor ginjal pada Mei 2007 silam.

Kondisi kesehatan Riedl ketika itu memburuk. Ginjalnya mengalami gangguan. Dan secara mengejutkan, salah satu warga negara Vietnam dengan sengaja datang ke kediaman Riedl di Wina, Austria.

"Kemudian, dia bilang mau mendonorkan ginjalnya kepada saya. Terima kasih, saya mendapatkan kehidupan baru yang lebih baik berkat orang ini," kata Riedl seperti dikutip situs resmi turnamen.

Sejak saat itulah, Riedl merasa jadi setengah orang Vietnam.

"Yang lebih mengharukan, September 2007, saya pergi ke Hai Phong untuk menonton uji coba Vietnam kontra Hong Kong. Saya duduk di bangku VVIP. Ketika para mantan pemain Timnas Vietnam tahu, mereka langsung menyambut saya," sambungnya.

Meski begitu, pelatih 65 tahun tersebut memastikan akan bersikap profesional. Ketika memimpin Indonesia menghadapi Vietnam, Riedl tetap menargetkan kemenangan.

"Tak boleh emosi masuk ke pikiran saya. Ketika melawan Vietnam, Indonesia harus menang," tegas Riedl. (one)

Baca juga:

Pemain Nomor 10 Vietnam Bikin Timnas Indonesia Ketakutan

Rekor Pertemuan, Indonesia Ungguli Vietnam

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Perbandingan Prestasi Indonesia dan Vietnam di Piala AFF

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Pelatih Vietnam: Pengalaman Saya Masih Kalah dari Riedl

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016