20 Tokoh Korban 'Kutukan' Gol Bintang Arsenal

Gelandang Arsenal, Aaron Ramsey.
Sumber :
  • Reuters / John Sibley

VIVA.co.id - Mantan ibu negara Amerika Serikat (AS) Nancy Reagan, dilaporkan meninggal  hanya sehari setelah Aaron Ramsey mencetak gol. Bintang Arsenal, itu mengakhiri puasa golnya, dengan menjebol gawang Tottenham Hotspur pada Sabtu, 5 Maret 2016.

Dikutip dari Daily Star pada Senin, 7 Maret 2016, berita meninggalnya istri presiden AS ke-40, itu pun segera memicu perdebatan terkait dengan kutukan gol Ramsey. Apalagi bukan baru pertama kalinya, kabar buruk terjadi setelah Ramsey mencetak gol.

Ramsey terakhir kali mencetak dua gol pada Januari, yang segera disusul dengan kematian dua selebriti, dan masing-masing hanya berselang sehari setelah gol Ramsey. Pertama musisi David Bowie, sehari setelah gol Ramsey ke gawang Sunderland pada 9 Januari.

Kedua adalah Alan Rickman, pemeran Severus Snape dalam film Harry Poter, yang meninggal sehari setelah gol Ramsey ke gawang Liverpool, pada 13 Januari. Julukan gol pembawa kematian, mulai populer dikaitkan pada Aaron Ramsey sejak kematian Osama bin Laden.

Pemimpin kelompok Al-Qaeda itu tewas, hanya empat jam setelah Ramsey mencetak gol ke gawang Manchester United pada 1 Mei 2011. Ramsey mencetak gol dua gol lagi di tahun yang sama (2011), ke gawang Tottenham Hotspur pada 2 Oktober 2011 dan Marseille 19 Oktober 2011.

Gol ke gawang Spurs disusul dengan kematian Steve Jobs. Lantas 12 jam setelah Ramsey menjebol gawang klub Prancis, disusul tewasnya Moammar Gadhafi, mantan pemimpin Libya yang pernah mengaku jadi penyandang dana pilpres mantan presiden Prancis, Nicolas Sarkozy.

Tapi nama pertama, yang diklaim sebagai korban kutukan Ramsey, adalah jurnalis Andres Montes. Dia tewas setelah Aaron Ramsey mencetak gol untuk timnas Wales ke gawang Lichtenstein, pada 14 Oktober 2009.

Ramsey kembali mencetak gol untuk timnas Wales, pada 14 November 2009 ke gawang Skotlandia, disusul meninggalnya mantan striker Meksiko Antonio De Nigris. Gol Ramsey berikutnya terjadi pada 22 Maret 2013, yang memastikan kemenangan Wales 2-1 atas Scotlandia.

Tiga tokoh meninggal setelah itu, yaitu mantan guard tangguh New York Knicks, Ray Williams, pengusaha dan ahli matematika Rusia, Boris Berezovsky, serta pianis terkenal Kuba, Bebo Valdes. Tahun 2013, berlanjut dengan jumlah kematian terbanyak, yang dikaitkan dengan Ramsey.

Paul Walker, bintang film Fast&Furious, meninggal pada 30 November 2013, hanya beberapa jam setelah Ramsey mencetak gol ke gawang Cardiff. Mantan petinju AS Ken Norton, yang meninggal pada hari yang sama Ramsey menjebol gawang Marseille, pada 18 September 2013.

Ramsey menjebol gawang Wigan pada 14 Mei 2013, disusul meninggalnya mantan presiden Argentina (1976-1981) Jorge Rafael Videla. Aaron Ramsey mencetak gol ke gawang Hull City pada 20 April 2014, kemudian mantan petinju AS meninggal, Rubin "Hurricane" Carter.

Pelukis Swiss Hans Rudolf Giger, meninggal pada 12 Mei 2014, sehari setelah gol Ramsey ke gawang Norwich. Salah satu berita paling menyedihkan pada 2014, adalah meninggalnya aktor kawakan Robin Williams, pada 11 Agustus 2014, sehari setelah Ramsey mengoyak gawang Manchester City.

Dua minggu kemudian, Ramsey mencetak gol ke gawang Everton (23 Agustus 2014). Sehari kemudian, meninggal Richard Samuel Attenborough. Dia adalah sutradara, produser dan aktor Inggris, pemenang Academy Award dan tiga Golden Globe.

Sudah tersebut 18 orang, yang dikaitkan kematiannya dengan Ramsey. Namun daftar sebenarnya masih panjang, dan dua berita besar lain yang terlewat, adalah kematian dua penyanyi. Salah satunya adalah penyanyi wanita AS Whitney Houston.

Whitney Houston meninggal pada 11 Februari 2012, hanya delapan jam setelah Aaron Ramsey mencetak gol ke gawang Sunderland. Setelah itu Ramsey mencetak gol pada 4 Agustus 2012, disusul meninggalnya penyanyi Meksiko kelahiran Kosta Rika, Chavela Vargas.

Ramsey beberapa kali diminta tanggapannya, tentang kutukan yang menyertai gol-golnya. "Hal paling konyol yang saya dengar, adalah bahwa orang-orang meninggal setelah saya mencetak gol. Itu rumor yang gila, saya tidak melihat itu lucu," ujar Ramsey.

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

Dia mengatakan Arsenal harus mencari solusi internal untuk bek tengah.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016